RSS

Pindahan Tulisan Bahasa Indonesia

Dear pembaca, untuk kedepannya tulisan dalam bahasa Indonesia di blog ini bakalan aku pindahkan ke blog aku yang lain "Nona Backpacker" biar gak bingung bacanya.. thanks!


Europe Pre departure....(perubahan Rencana-Rute dan Penerbangan)

Update soal perjalanan aku ke Eropa;


Setelah visa aku di approve dan aku udah balik kehutan, aku mulai rajin browsing flights. Ternyata booking tiket jauh sebelum hari keberangkatan memang lebih murah. Aku dapat beberapa option untuk penerbangan ke Jerman.

Sebagian besar perusahaan penerbangan yang tujuannya ke benua Eropa asalnya dari Timur Tengah. Yang jadi favorit keknya Qatarairways yang harganya kadang lumayan miring, selain itu ada juga Lufthansa yang gak kalah menarik, China Airlines juga not bad... yang sering ada promo sih Malaysia Airlines. Aku juga liat harga paling murah di tawarkan oleh Srilanka Airlines... tapi setelah aku browsing soal pro dan kontra dari penerbangan ini.....gak jadi deh..

Srilanka Airlines servicenya agak kurang, trus bulan Feb 2011 ini dia dapat ancaman bom... haduh.. ngga deh.. hahaha....

Pokoknya kalau soal tiket jangan bosan2 browsing deh.. aku juga subscribe alias langganan mail dengan beberapa airlines... mana tau ada program promo dan aku bisa ambil hehe.. lumayan...

Aku lumayan dapat banyak masukan dari Mr T, dia nyaranin aku untuk not wasting this chance... kalau ada tiket murah ke tujuan manapun di Eropa ambil aja! dan dia mengenalkan aku dengan tiket "Open Jaw" haha apa pula ini tiket "buka rahang"??

Open jaw itu maksudnya kalau kita pergi dari kota A ke kota B dari kota B mungkin dilanjutkan dengan transportasi yang lain ke kota C trus dari kota C balik lagi ke kota A. Tiket ini bisa lebih murah asal menggunakan perusahaan penerbangan yang sama!

Masih bingung open jaw itu maksudnya gimana? hehe gini nih contohnya:
Kota A ke B (dengan airlines X)
Kota B to C (dengan bus/kereta/kapal)
Kota C to A (dengan airlines X)

Jadi berubah lah singkat kata itineraryku yang udah aku biat terlebih dahulu. Yang dulu perjalanan aku polos banget Jakarta-Frankfurt-Jakarta. Untuk itinerary yang baru aku terbang Singapore-Paris dan pulangnya Munich-Singapore dengan Lufthansa Airlines.

Kenapa kok dari Singapore? hehe bedanya 2 jutaan.. plus aku kan terbang dari Jambi, PP bisa nambah jadi 3 jutaan. Rugi laahh... jadi aku ambil dari Singapore. Aku bisa naik Sriwijaya ke Batam dan di terusin dengan boat ke Singapore... lebih lama waktunya tapi hemat.. lagian pesawat aku jam 9 malam kok....lumayan bisa hemat sekitar 2 jutaan untuk tiket PP.

Singapore bisa di jadiin alternatif buat cari tiket murah juga, sebab banyak banget airlines yang tujuan Eropa ke sini. Nah untuk dari Jakarta kitakan bisa naik budget airlines kek Value Jet, Tiger Airways, atau Air Asia yang harganya lebih miring ketimbang ngambil tiket langsung dari Jakarta ke Negara Eropa tersebut... padahal nantinya juga transit di Singapore kok hehehe.....

Untuk visa mungkin tadinya aku rada was-was sebab Visa Schengen aku di ambil dari Kedutaan Jerman, tapi tujuan pertama Paris. Setelah banyak browsing via google, aku sudah tau kalau ini boleh aja, sebab waktu liburan aku paling panjang di Jerman, dan kebetulan flight Singapore-Paris ada transit di Munich dan aku harus lewat imigrasi di Munich Airport! jadi stempel masuk negara Schegen pertama itu di Munich-Jerman.

Sebenarnya walaupun masuknya langsung dari Paris, asalkan ada tiket ke Jerman gak masalah juga, aku baca beberapa blog yang punya cerita sama. Approval visanya dari kedutaan Belanda (contoh ajaa..) trus negara pertama yang di tuju Perancis.

Yang mungkin perlu di perhatikan dan paling penting adalah visa tersebut harus multiple entry, alias bisa keluar masuk negara Schengen yang nota bene lebih dari 26 negara di Eropa sesuka hati hehe.. tapi kalau cuma single entry... wah.. kalau dah keluar harus buat visa baru lagi nih!

Sebenarnya yang paling murah tetep flight Air Asia. Waktu aku browsing itu aja ada tiket yang harganya 3.9 juta rupiah PP (yupp PP sodara2) dari Jakarta ke Paris dan balik ke Jakarta lagi. Tapi berhubung aku mau coba beda kota ya udah.. dengan berat hati aku gak buka lagi website Air Asia itu.. biar ak sakit hati hehehe... (derita traveler kantong tipis huuhuh....)

Yang jadi masalah itu waktu transit di Munich Airport! jadi flight aku Singapore-Munich stop/transit dulu di Munich cuma 30 menit!! dan ganti pesawat lain untuk jurusan Munich-Paris.Naik pesawat domestik aja gak mungkin kekejar tuh dalam waktu 30 menit langsung pindah pesawat!

Bayangin aja, turun dari pesawat (ngantri juga kan?) trus jalan/lari lewat gerbang ke imigrasinya, ambil bagasi pulaa... lari2 lagi dari tempat bagasi ke check in airline...trus trus imigrasi lagi... haduuh.. kalo punya kekuatan superwoman atau juga secepat Flash Gordon.. mungkin bisa.. tapi.. errhh ... sumpah baru liat setelah tiket di issued!!

Buru-buru cari data soal Munich airport sama Lufthansa.

Setelah aku browsing, menurut Airport Munich mereka memang jagonya transit 30 menitan. Emang bisa? gimana caranyaaaa??

Ternyata mereka punya senjata ampuh, yang pertama banyak penunjuk arah yang buat first timer kaga nyasar.. hehe kalo gak bisa baca tulis..derita loe deh! trus, mereka juga punya ban jalan untuk bagasi yang super cepat dan canggih! trus mereka punya command center yang memilah tiap2 penumpang yang butuh transit kurang dari 30 menit dan di jadikan prioritas.

Maksudnya prioritas? sampe titik darah penghabisan cuy! contohnya kalau flight aku dari Singapore-Munich mau landing dan connecting aku dalam rentang 30 menit... tuh command center bakalan contact tower pengatur lalu lintas airport! dan pesawat aku bakalan di jadikan prioritas utama buat landing! huaaaaahhh! keeerreeenn! trus udah gitu di carikan gate yang dekat dengan pesawat aku yang berikutnya hohoho.. di manjain bangeeettt..

Kalau masih gak sempat juga.. alias waktu transit kurang dari 30 menit... mereka ada jurus lain... hehe.. di jemput langsung dari pesawat! hahaha... yupp mereka bakalan sediain mobil buat jemput penumpang langsung dari pesawat!!

Tiket mesti di tunjukkan sama petugas trus tiket bagasi di scan buat di infoin ke petugas bandara, biar bagasi jalan langsung ke pesawat yang berikutnya trus penumpang tadi di antar ke counter imigrasi khusus di lapangan tersebut (pinggiran kali ya..) buat urusan imigrasi, udah kelar kemudian di antar langsung ke pesawat berikutnya!! dan semua action terjadi di tempat parkiran pesawat! hahaha kebayang dah!! kebut2an sama mobil di tempat parkiran pesawat!!

Memang Jerman paling keren soal teknologi.. huhuhu... kapan ya Indonesia ada airport kek gini.. transit 30 menit................ (boro2.. delay aja sampe 3 jam!!)

Jadi urusan penerbangan aku rada tenang.. mudah2an nanti sampe dengan selamat di Paris.. hufff.. grogi cuy!

Ntar aku update dah buat informasi soal airport Munich.. apa memang bener mereka bisa nepatin janji mereka ya.. buat para penumpang kek gue yang waktu berangkatnya mepet bangeeettt! kita tunggu dah tanggal mainnya!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 comments:

Winnie said...

wah, seru banget nih rencana travelingnya mbak, you'll have a good time! :)
btw, visa single entry berarti ngak boleh ke negara lain ya, misalnya ke
Frankfurt terus ke Paris ...

Fico said...

@ Winnie
Ohhh masih boleh kalo gitu... itu kan keduanya masih negara Schengen. Maksudnya single entry itu sekali aja masuk ke WILAYAH SCHENGEN, kalo keluar mesti buat visa lagi.

Negara schengen kan banyak, keluar masuk negara2 tersebut gak papa.

Contoh: Frankfurt(jerman)-Paris (Perancis)-Berlin (Jerman)-Amsterdam (Belanda)trus balik lagi ke Frankfurt (Jerman)gak masalah!
Paling bagus atur itinerary jangan sampe mutar2 kek gini sih heheh.... kalo aku jadinya Singapore-Munich (transit)-Paris-Strasburg-Frankfurt-Munich-Singapore

Fairytale said...

Halo kak fika :) mau nanya,, itu kalo airasia ke paris lagi 3jutaan kenapa ga diambil? Nanti dari paris kan bisa naek angkutan laen buat sampai ke jerman dsb nya?
Trus itu brapa lama jalan2 ke eropanya? Jadi cuma mengunjungin jerman dan paris ya? Makasih ya :) soalnya ak jg lg mau solo travel ke eropa nih ehehe blog nya bagus banget

Fico said...

@ fairytale
Waktu ada promo aku belum ngajuin visa. Kalau misalnya visa aku di tolak hangus dong airasianya. Itu gambling banget namanya. Aku gak mau bertaruh uang 3 jutaan buat hal yang riskan-VISA. hehehe banyak banget kasus visa ditolak jadi aku ngga deh... gak ada nyali buat ambil tuh tiket walaupun murah.

Untuk syarat visa aku booking flight dari travel agent, kalaupun visa ditolak aku bisa batalin tiket itu.

Aku total 18 hari, ngunjungin Paris, Belgia-Brussel sama Jerman lumayan 3 negara :)

Thanks ya udah baca!

Fairytale said...

Oh iya juga yah syarat ngajuin visa kan mesti booking pesawat dulu.. Haha risky,,,

Btw rencana ke depan mau travelling kemana lagi? Pengalaman solo travelling yg pertama kemana nih? :)

Makasih ya uda dibales komen nya hehe

Fico said...

@ fairytale
hehehe.. begitulah visa, gampang2 susyaah...

Aku pengen explore Indonesia lagi tahun ini mungkin Lombok atau ke Bali lagi tapi bukan daerah kuta yang banyak turisnya...

Ada juga ajakan ke Vietnam sama Philipines tahun depan, kita liat aja deh :)tergantung jatah cuti sama duit yang jelas :D

Pertama kali aku traveling ke LN itu ke Malaysia-Kuala Lumpur. Trus aku naik bus ke Singapore juga sendirian. Lumayan menegangkan! itu tahun 2007 bulan Januari-sah stempel pertama di pasport ku!

Backpacker Girls
Add blog to our blog directory.