RSS

Pindahan Tulisan Bahasa Indonesia

Dear pembaca, untuk kedepannya tulisan dalam bahasa Indonesia di blog ini bakalan aku pindahkan ke blog aku yang lain "Nona Backpacker" biar gak bingung bacanya.. thanks!


Final Piece of Visa Application (Visa Schengen Part 4)

March 31, 2011

Setelah menghabiskan 10 hari gak tentu juntrungan, gak pengen makan (selain eskrim, coklat, frozen yoghurt sama ayam penyet..hahaha!). Dan setelah penderitaan besar lain seperti merayakan ulang tahun sendirian di Jakarta (huhuh i am literally by my self-eat cake at Pejaten Mall-please dah!!) demi surat sakti yang namanya "Visa Schengen" tiba harinya untuk moment of truth..

Apakah nama gue bakalan di permasalahkan? apakah gara2 gue gak ingat nomor telepon kantor atau keberanian gue ngakak ngetawain si bule soal "penyunatan" marga BUTAR-BUTAR bakalan berbuntut panjang....

Flash Back...

Sebelum gue ninggalin tuh counter si bule, dia dengan napsunya menstempel "sesuatu" di passpor gue... huhuhuh...

Stress, kurang tidur, ngejar pesawat sore.. what could be worse??

Sumpah gue stress berat. Sempat nangis pula waktu Mr T telepon, dia tanya "is it rejected?" gue bilang lagi OTW ke kedutaan, "lhaa.. lo kenapa nangis?" (TT,TT) hueheu dasar bule gila gak tau apa pengorbanan gue dari hutan ke kedutaan buat ngurusin tuh visa-10 hari antara hidup dan mati gak napsu makan sama gak bisa tidur (lebaaayy). Awas aja gara2 nama keluarga gue di tolaaakkk!! anyway.... he's got the point....tidak beralasan gue nangis, maskara jadi luntur juga... gak keren!!

Sesuai dengan surat sakti dari kunjungan sebelumnya, gue di suruh datang setelah jam 1 siang. Kebetulan hari itu gue juga pulang ke hutan gue tercinta di Sumatra... gak sabar liat api flare yang membara di tengah hutan (ciehh.. gaya) sama naik mobil dobel gardan yang tinggi kek kuda.. kangen sama kucing gue juga (cimot, i lop u!!). Terakhir kerja tanggal 16, dah setengah bulan gue tinggal bo demi nih visa! (thanks to my boss..lop yuuhh boss)

Semua copy surat2 aku bawa lagi di map terpisah.. mana tau nanti di butuhkan, termasuk copy KTP.

Berangkat dari hotel dengan tas koper, mampir tempat kerja kakak ngambil titipan, langsung meluncur ke kedutaan Jerman. Macetnya naujubilah... hal yang gue suka tinggal di hutan sumatra, nyetir 120km per jam puas ajah... gak ada macetnya.

Jam 12.35 nyampe di depan pagar ijo, dueeehhh gila apa.. dah ada aja yang ngantri panjang... ya olooohhh...... kali ini aku lucky number 5! panas terik bowww.... **ngelipir ke pinggiran pagar..** berharap tuh pohon mangga (kalo gak salah mangga sih) bisa ngurangin panas matahari.

Panasssshhh!!

Di tengah antrian, ada cewek seumuran, gue ajak ngobrol.. huhu.. doi juga ngambil visa, sama tujuan ke JERMAN, hueheuh... baru pertama juga, tapi dia di sponsorin kakak iparnya.. wew... beda case sama gue.. yang di sponsorin teman... laki2 pula.. gue mikirnya dah  parno.. sebab "mereka" pasti ngira gue dah napsu aja mau kawin sama si bule dan gak mau balik ke Indonesia (di rebus jadi sop sama mak gue lah kalo kejadian!!! **heheh tempted sih**) dan jadi ilegal immigrant. Yeehh.. what ever lah.. gue dah bilang temen... kalo kaga percaya ya sutralah (TTM gak ditanya toh?? gak ada pilihannya... huehueh mumpuna single flirting sana sini sah ajahh.... tariikkk kang!)

Sekilas bisa keliatan proses pemeriksaan di dalam (note juga waktu-jam kerja yang di "plate")

Gak lama, pak satpam keluar dan teriak2 soal surat2 mesti di siapin sama HP dimatiin termasuk ipod. Dah belajar dari pengalaman, gue bawa HP cuma 1, ipod di tinggal di mobil sama barang2 lain yang gak penting. Pak Satpam juga suruh keluarin KTP ASLI sama surat yang di kasih waktu masukin formulir pengajuan visa buat di tunjukin sebelum masuk ke dalam pintu hijau kecil itu. (oh ya.. aku liat ada juga yang keluarin SIM A, kek nya yang penting ID asli, bukan copy)

Prosedur masuk di ulang lagi, pemeriksaan tas, pemeriksaan badan pake detektor, trus di kasih no mor loker HP. Setelah di periksa, tas BOLEH DIBAWA MASUK setelah di periksa. Selanjutnya prosedurnya bedanya kita langsung di suruh naik ke lantai 2 tempat aku ngambil nomor antrian.

Ya udah dengan tertib kita semua naik dan ngantri.. feww.. lucky number 4!

Ternyata si tante Jerman lagi yang buka loket, ya Allah! napa pula dia pindah bagian sini.. haduhh... udah gitu telat pula.. jam 1.35 baru dia buka tuh loket... katanya sih baru makan siang.. yee.. tante kok telat gitu sih!!

Gua cuma takut sama flight gue yang jam 5 bo!! kalo macet ke airportnya hueehh mampus lah gue! ketinggalan pesawaaattt.... **derita anak daerah**

Antrian pertama maju ke meja. Tuh cewek, keknya bini/pacar bule (maap..maap... stereotype) kulit coklat mendekati gosong, dengan dress yang aneh (mau ke pantai hapahh?) dan rambut di warna serta baju yang loose top.. bolak balik visa... visanya gak di approve, si cewek keknya sebel banget, langsung gubrak2 ke toilet...lhhhaa???? haduhhh!!! wadaaaaaaaaaaaaawww!! masa yang pertama aja udah gak di approve! padahal pasti sama saktinya sama gue (sama2 siluman.. huahauha)

Yang kedua ibu2 dan sama bermasalahnya... si ibu fasih banget bahasa Jermannya, keknya dia kena masalah gara2 surat pengambilan yang di kasih waktu kita submit formulir ngga ada! dia ngotot katanya ngga di kasih sama sopirnya katanya ngga ada.. hoooaaalaahh... kok nitip toh?? emang bisa gitu?? anyweyy... berhubung balas pantun yang cukup lama... si ibu di suruh geser... dan masih aja jawab pake bahasa Jerman.

Gue nervous sampe pada titik mau muntah.... hahahah! sarap ya! lemah benerrr!!!

Tinggal satu cewek depan gue, yang tadi gue ajak ngobrol, kita salaman sama2 bilang gut lak!!

Dia ngintip passportnya kek ngintip raport waktu SMA.. huhuh... doi trus ngelipir keruangan sebelah.. haduhh.. di approve kaga ya??

Pas tuh cewek pergi dari loket.. datanglah om Jerman.. dah.. gak tau masalahnya apa dia debat sama si tante Jerman....lahh..lahh.. gimana ini... keknya ngeributin si Ibu yang gak ada surat itu. Akhirnya si tante Jerman menyingkir dari loket, keknya nyelesaikan masalah sama si ibu2...dan di gantikan sama si om bule yang cukup enak di pandang. Syukurlah...(memberikan senyum "penuh arti" pada om bule yang genteng--mudah2an ngaruh).

Dia lirik ke aku dan suruh maju, huduuuhhhuhuh... kok berasa kek pengumuman UAN aja? dia nyari passport aku di tumpukan passport, wew.. kok susah nyarinya.. gak ada apa? butuh bantuan hapahh?

He finally found it.. aku liar selembar kertas di selipkan di passport, sama kek cewek yang pertama ngantri... haduh... aku pasrah. Si om bule buka passport aku, dengan wajah serius dia bilang "u-uh, sorry" aku lemesss.... dada sesak pengen nangis. Dia liat muka aku lagi, kaget dia bilang "eh jangan nangis, maaf! April Mop ya!" pake bahasa Indonesia yang aneh! sambil buru2 dia tunjukin passport aku dengan cengiran lebar...

Doohh apa lagi ini.... April mop kok bulan Maret!!! aku maksa konsentrasi ... liat sekilas stiker yang ketempel di passport dari balik jendela. Dia senyum dan masukin passport aku ke laci, dan langsung aku ambil, di buka....

My visa APPROVED!!! yaaayyyy! berangkaaattt!!

Aku gak percaya liat stiker ini di halaman passport aku. Wooww!! bahkan dapat multiple entry??? (ERRHH... sumpah...Aku conteng "cuma" single entry kok di formulir nya....) dahsyaaattttt!!! this is more than i expected!! yeee hhhaa!!

Aku pergi keruangan sebelah tempat aku nunggu wawancara, huhuh terharu biru aku baca ulang.. i can't believe they approved my visa!! untuk 17 hari dan aku bisa mondar-mandir keluar masuk di negara schengen??? oh my God!! lemesss.... dari tadi tahan napas..

Aku pengen teriak jumpalitan norak!!! huahauhauhauahuahauhauh! bodo! penderitaanku dah cukup 10 hari! huhuhu... terbayarkan.. Alhamdulillah ya allah... gak sia2 gue ulang tahun keknya menderita banget!... si cewek deketin gue, sambil senyam senyum.. wah visanya di approve juga! kita pelukan sambil cekakak cekikik.... i don't even know her like 3 hrs before... but we shared the joy!

Kami berdua senang banget! padahal baru kenal juga di gerbang depan... tapi alhamdulillah! sama2 di approve!! kita tukaran nama facebook, dan alamat mail... dia ternyata berangkat bulan Juni... ohh ok.. jadi aku duluan...

Aku gak punya waktu banyak.. sebab pesawat aku jam 5.. kurang dari 3 jam! jadi buru2 aku keluar dari kedutaan... ambil foto pak satpam yang cengar-cengir liat aku jumpalitan di trotoar... buoooodoooo! aku senaaaanggg!


Wont forget the "Germany Embassy" experience ever!!!

Paris and Germany, here i come!!!!!!!


****kocar-kacir ngelipir ke airport nuat flight balik ke hutan!!!***




ps. Setelah buru2 ke airport nguber pesawat.. ternyata pesawat aku di delay, landing di jungle hampir jam 10.30 malam!!! thanks a lot LION AIR! grrhh!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 comments:

Unknown said...

Wah selamat yaaa.....
Sepertinya surat VE dari mister T sakti mandraguna
Berarti klo pake surat VE kita g perlu nunjukin tabungan kita ya?
Thanks blognya menarik sekali

Have a great trip

Fico said...

@ Ali
Iya, keknya musti surat sponsor legal kek gini yang ampuh. Kalau cuma sekedar mail dari sponsor sama copy rekening mereka keknya gak jamin juga.
Iya gak pake print out/rek koran tabungan bahkan slip gaji gak perlu di lampirkan.. bener2 sakti deh...

Thanks!

Anonymous said...

Hi, Salam kenal

Sepertinya seru banget ceritanya. Blog nya juga menarik ;)

Fico said...

Halo, salam kenal juga.. thanks buat baca.. hehe.. iya, seruan aslinya sih.. haha debaran jantung sama adrenalinnya berasa lebih nyata! hehe..
Wah bagus deh kalau aku bisa kasih banyak info :) mudah2an bisa bantu buat bikin visa juga...

gek.anna87 said...

aku dapet surat VE dari temen boss sama travel insurance dari jerman. tapi dag-dig dug cess... solanya si pengundang dah uzur and single lagi.. tar dikiranya ku ada apa2 dan gak di approve :( dan aku juga belom pernah ke LN baru lulus kuliah.. gak bisa nabung hiks..hiks

Fico said...

@gek.anna87
Asal bisa ngebuktiin kalau kamu kenal sama pengundang dan pernah ketemu langsung gak masalah keknya. Aku waktu itu juga ditanya dimana kenalnya dan berapa lama.

Hummm mudah2an aja di approve ya... jangan patah semangat! aku juga waktu kuliah hobi jalan2 ala mahasiswa kere dengan numpang kereta batu bara!

Backpacker Girls
Add blog to our blog directory.