RSS

Pindahan Tulisan Bahasa Indonesia

Dear pembaca, untuk kedepannya tulisan dalam bahasa Indonesia di blog ini bakalan aku pindahkan ke blog aku yang lain "Nona Backpacker" biar gak bingung bacanya.. thanks!


Paris Adventures-Day 1 part 2 (with pictures)


....Its just me and my pocket camera in action around Paris on my first day.....



Setelah letakin tas aku lanjutin petualangan aku di hari pertama di Paris. No jet lag buat Fika-----sok kuat! bwahahaha!

Tips aku soal jetlag?? boss aku pernah nyaranin minum aja lu alkohol trus bobo dah.. besoknya bangun segar.. keknya boss bule gue gak kenal yang namanya antimo! haha beneran gue sampe segar deh di Paris setelah tidur total di pesawat lengkap dengan eye mask dan ear plugs, sayonara!!!

Dari Stasiun Vavin aku turun di Les Halles.. tadinya mau nyambung buat ke Louvre-Rivolli.. Tapi aku piker rugi banget kalo aku Cuma liat underground melulu! Jadi aku pilih jalan aja…

Jujur gue gak pede pergi jalan BELON MANDI! tapi menganut asas backpacker yang pantang keliatan jelek ato bau (yah backpacker ala gue lah) ganti baju kaos yang aku siapin di backpack sama modal tisu basah sama sikat gigi di hotel tempat Guillaume kerja, lumayan deh..... lebih exotic! bwahahah gak dandan looh! *lirik para wanita*

Secara terhitung terakhir kali aku mandi tuh tanggal 18 pagi flight gue dari Jambi-Batam di lanjut naik ferry nyebrang ke Singapore, dari Singapore terbang ke Munich.. dari Munich langsung ke Paris.. nooh makan dah debu jalan!!

Dari sana aku keluar ke jalan.. wowowww belum apa2 dah ada bangunan yang menarik banget.. mirip sama mesjid dengan kubah besar berwarna biru kehijauan… dan di dekat sana ada jalan yang isinya restoran sama café dan begitu banyak manusia yang duduk di kursi2 yang di sediakan di trotoar jalan, menikmati sinar matahari judulnya…
Aku jadi lapar juga… baru ingat Cuma makan sarapan sama sebungkus kecil Jacobs crackers di Airport Munich. Cari tempat buat makan aku lumayan keder secara dah lama gak bicara bahasa Perancis… oh miiii Gooodddddd….
Pesan kentang goreng dah berasa kek kuiz pecahkan sandi rahasia campur tebak2an ala pramuka… amit2… tapi berhasi memesan kentang goreng dengan satu gelas jeruk dingin…
Lumayan… tapi eitsss.. kenapa minum gue gak dikasih.. lirik tetangga yang lain.. ternyata self service tapi .. mereka di kasih gelasnya kenapa aku tidaaakkk.. huhuh… enak aja lumayan itu 3 euro.... jiwa pelit mengalahkan rasa malu..

Jadilah aku colek om tampan sebelah bilang “Vous Parlais Anglais?”/bisa bicara bahasa inggris gak? (jurus sakti gue hahahah!!) doi magut2 aku Tanya soal minuman, dan aku juga gak dikasih return pembelian loh.. si om tiba2 berdiri dan jalan ke kasir dan minta gelas Styrofoam buat gue cihuyyyy baekkknyaaaa… mana senyumnya tersipu malu gitu (sampe pengen ngelap tisu dimulut apa ada sambel di bibir ya?)
Oh ya soal sambel.. kemana2 aku bawa sambel sachet ABC sama kecap manis!! Disini kalau mau makan saos itu harus beli!! Sama kek minumannya! Gyaaaa!!! Pelit banget sih!! 

Beruntunglah saya bawa sambal ABC sachet (jurus turis gembel nomor sekian) tadi.. lumayan hemat sekian sen.. hohoho…
Kenyang makan frites alias kentang goreng sama minum jus, aku liat lagi ada toko kelontong kecil di seberang tempat aku makan…aku masuk dan beli air botolan yang 1 liter.. huhuh sakit bo!!!!, air botol harganya hampir Rp 15.000,- sebotolnya. Ya ampuuunnn di Indonesia mau beli satu liter setengah aja gak ada 1 euro.. huaahhh! kudu simpan botol plastik nih!! *buat di isi nantinya kalo ada keran!*



My 1st Picture

Aku jalan lagi dan sampe di Place de Victoires dan ambil beberapa foto lanjutin jalan melewati Banque de France, Bank Indonesia-nya Perancis. Hehe.. guardnya cakep, lirik2 gitu deh doi.. hohoh.. foto dulu…
Bank of France in Paris
Trus aku jalan lagi ternyata dah nyampe di daerah "Petite Champs" aku senang dengan cuacanya.. walaupun sinar matahari luar biasa ngejreng teriknya tapi gak panas (salah besar jendral!! aku pulang ke Indonesia dengan kulit gosong!!)

Aku malah masih pake jaket aku dan gak keringatan… well orang lain lalu lalang dengan rok pendek dan celana pendek gak masalah juga siihhh tergantung dengan kemampuan masing2…..kalau aku masih butuh jaket sebab anginnya lumayan kencang jadi dingin gitu juga…

Sebenarnya sekarang dah masuk musim panas (akhir dari musim semi) tapi yang gue rasa walaupun matahari terik bersinar, tapi anginnya bikin kulit kering sama dinginnya nusuk gitu!

Waktu aku jalan... aku liat ada palace gede banget yang keknya aku kenali..


Louvre Palace


Ternyata aku jalan dah nyampe di istana Louvre/Palais du Louvre. Tapi waktu itu aku belum liat atap museum Louvre yang kek piramid dari kaca itu. Setelah foto2 sana sini di tengah terik matahari, dan minum air sampe habis (1.5 liter bo!). Menghitung waktu di Indonesia, waktu itu aku ngitungnya di Indonesia jam 9 malam, tapi di Paris masih sekitar jam 3 lewat (bantuan ipod tersayang!)



Di balik istana megah itu aku kemudian liat the famous Louvre Museum!

Me & Louvre

Aku ambil banyak banget foto di sini. Turis bertebaran di sana sini...sebenarnya gue agak kecewa dengan keramaian disini.. tapi wong ini salah satu tempat yang most wanted di Paris.. Lovre bukan milik gue seorang--hiks sedih ya!

Oh ya ada tips, kalo mau saving sedikitm datang ke Louvre hari Rabu atau Jum'at harga tiket masuk hari itu cuma 3 euro aja!

Louvre from Front-Place du Carrousel-Jardin Des Tuileries

Gue sebenarnya pengen masuk kedalam museum ini. Tapi setelah melihat antrian.. gue tau waktu gue gak banyak sebelum jam 7 gue harus balik ke tempat Guillaume kerja. Gue gak mau ngaret gitu! walopun akhirnya ngeret sih hahah...

Dari depan museum Louvre dengan berat hati gue jalan lagi, kali ini tujuan gue selanjutnya adalah Pont Neuf, ato jembatan baru di atas sungai Seine. Nih jembatan sejarahnya adalah jembatan besi pertama di Perancis sono. Walupun judulnya "jembatan baru" jembatan ini adalah jembatan tertua di kota Paris! Jadi lumayan bersejarah.

Random shoot around Louvre Palace to Pont Neuf

Oh ya, aku juga rada tertipu sama peta online hahah.. Paris sama kek Singapore... kalo kamu gak malas semuanya within reach by foot.. alias bisa jalan kaki! paling cuma 1-2 kiloan antara satu atraksi dengan atraksi lainnya. For me thats no problem... cuma 1-2 kilo hehe...

School Kids Touring with bicycle in Paris -- tertib dan rapi!!


Pont Neuf ternyata rame dengan turis di kedua belah sisi. Aku sirik sama nih semua pasangan! huhuhuh foto romantis di jambatan di siang bolong gini... trus ada rombongan anak sekolah yang tur dengan sepeda, pake helem dengan tertibnya.. pengen nyulik.. cakep2 semua!!

Peletakan batu pertama Pont Neuf di lakukan oleh Raja Henry III pada tahun 1578. Pont Neuf selesai di bangun tahun 1607, dan di resmikan oleh Raja Henry ke IV. Woowww.. lama ya buatnya! (wajar banyak perang bo!)

Moi et Pont Neuf (aku dan Pont Neuf)  

Dari Pont Neuf ini kita bisa ambil foto menara Eiffel di backgroundnya walopun cuma keliatan separuh. Aku duduk cukup lama di jembatan ini... bayangin.. kapan ya.. Jambi bisa gini?? Jambi mirip dengan Paris.. ada sungai di tengahnya... tapi yang ini, sungainya hidup dengan kapal2 besar.. ada yang bawa mobil2 baru segala pula!

Sungai Seine adalah sungai yang membelah kota Paris menjadi dua. Dari dulu memang udah terkenal dengan kapal yang lalu lalang... duduk2 di pinggirnya sore2 sambil nikmatin sunset dengan sebotol anggur dan teman2 juga keren... hehe kalo di Jambi juga sama... duduk2 di tepi batanghari sambil makan jagung bakar sama temen2! hahaha

Pont Neuf-Seine River & Eiffel in distance
Air sungai Seine ini katanya sudah sangat tercemar dari sejak jaman revolusi industri pada jaman dahulu kala... jadi tak layak diminum lagi.. humm sayang... tapi katanya mereka dah dengan daya upaya mengembalikan air sungai ini ke kondisi semula.. walopun makan waktu lebih dari 50 tahun ungtuk melakukannya (sumber dari host gue sama orang2 di jalan yang gue tanya2). Amit2 jangan sampe sungai di Indonesia kek gini amat kali ye.. keingat sungai di Jakarta yang hitam legam.. haduuh kalo gini di bilang tercemar.. apa kata mereka liat sungai di Jakarta ya??

Next... gue buka peta dan.. gue tau sudah dekat dengan "Notre Dame de Paris" (Our Lady of Paris) katedral terkenal di perancis. Yah sutra.. perjalanan gue lanjutkan. Menuju ke sana gue melalui beberapa jembatan lagi... salah satunya jembatan "cinta" yang terkenal di kalangan pasangan yang umumnya turis.

Nama jembatan cinta ini adalah "Pont L'archeveche". Dari ujung ke ujung.. jembatan ini di hiasi dengan berbagai macam bentuk gembok dengan berbagai ukuran pula! gak ada yang tau siapa yang mulai letakin gembok2 ini disini. Katanya siiiihh.. kalo sepasang kekasih ngukir nama mereka di gembok, trus ngikatin tuh gembok disini, trus kunci gembok di buang ke sungai Seine yang ngalir di bawahnya, tuh pasangan bakalan balik lagi ke Paris dan cinta mereka bakalan langgeng. Duueeehhhh.....

Pont de L'Archeveche-Paris Love Bridge

And guess what?? gue lagi di sana ada pasangan yang minta ambilin foto... gue tanya mau pasang gembok ya?? mereka bilang, mau renew gembok!! lha?? mereka bilang mereka ketemu di Paris, trus jadian, trus kemaren barusan nikah di Paris, jadi mereka balik buat gangtungin gembok baru di sebelah gembok mereka yang waktu pertama jadian di Paris.. OMG!! so sweet!! *berlinangan air mata* gue kasih selamat buat mereka, mudah2an langgeng!

Dengan perasaan berbunga2... terngiang2 kisah pasangan romantis tadi.. gue mikir memang suasana kota yang romantis bikin Paris pantas di sebut city of Love! uhhh.. TT,TT napa gue ke sini sendirian coba!!huhuhu (ratapan wanita single)


Next destination?? Palace de Justice. Alias penjara sama kek pengadilan Paris. Oh ya.. bangunan ini masih di pake sampe sekarang buat penjara. Tadinya Palace du Justice ini sebenarnya istana Royal Palace of Saint Louise. Palace du Justice ini nempel sama penjara Conciergerie-tempat Ratu Marie Antoinnete di penjara sebelum akhirnya di hukum pancung.

Palace de justice ini searah ne Notredame, jadi yah nyambi lah gue jalanin... angin yang kencang dari arah sungai Seine buat aku lumayan cooling down.. enak uap airnya terbawa sama angin...

Bagian dari Palace de Justice

Aku gak sempat buat masuk ke dalam buat tur di Conciergierie, walopun gue suka banget dengan cerita Ratu muda yang cantik Marie Antoinnete. Gue pengen banget liat ruangan dia di tahan. Mungkin lain waktu kali ya... hehe kalo balik ke Paris lagi.

Gak seberapa jauh dari Palace de justice, aku dah bisa liat dari kejauhan menara katedral Notre Dame. Bergabung dengan ribuan turis di sana, aku merasa sedih... huff... gak bisa share dengan teman2 keindahan katedral yang sempat berganti2 fungsi ini. Cuma bisa ganti status FB doank.. hiks..hiks..


Notre Dame Cathedral-Paris
Notre Dame terletak di 4th arrondissement, di pusat kota Paris merupakan salah satu tujuan wisata untuk turis dari dalam dan luar negri Perancis. Kenapa gue ngebet ke katedral ini?? menurut beberapa sumber, katedral ini adalah salah satu contoh gereja peninggalan gothic dengan arsitektur terbaik di Perancis dan benua Eropa!!



Aku ikut masuk dalam katedral. Aku belum pernah masuk ke dalam gereja seumur hidup... but no worry, aku tetep ingat ini tempat ibadah.. manners girls manners!! ada yang sedang berdoa.. flash light gak boleh di pake.. jadi aku matikan flashlight.. walopun aku gregetan sebab hasil foto ku jelek semua/kabur.


Inside NotreDame-Joanne D'arc my fave girl and the rose stained glass, AMAZING!
Aku serap moment di sana... betapa indahnya bangunan yang dibuat manusia buat muja tuhannya. Aneh.. tapi aku tersentuh. Dengan semua ornamen, betapa manusia cinta banget dengan sesuatu yang lebih besar dari apapun di dunia ini. Aku kebayang Mekah dan Ka'bah di sana. Kalau perasaan aku gini waktu di Notre Dame.. gimana aku di Mekah nanti ya?? huhuh...

Alasan aku ngotot datang ke sini cuma satu. I love Joanne d'arc. Gak peduli orang bilang dia gila, gak peduli orang bilang dia penyihir... prestasi dia sebagai gadis umur 18 tahun yang menggerakkan pasukan Perancis yang dah patah semangat dan menang perang itu lah yang patut di banggakan. Gue kagum dengan kekuatan dia sebagai perempuan! jaman dulu lohh... apalagi dia cuma petani yang gak punya pengalaman perang!

Di dalam katedral ini ada salah satu patung Joanne d'Arc yang lainnya ada di jalan di Paris dekat dengan Louvre tadi (but i couldn't find it!).


Setelah foto2 gue keluar. Ada niat mo naik ke atas menara Notre Dame, tapi liat antriannya gue dah ilfil. Tapi ada yang harus aku lakukan lagi.... eng ing eng...



Tourist thing-It will bring you back to Paris again they said??
Berdiri di "point zero"nya Paris yang terletak di luar Katedral Notre Dame. Ini katanya buat keberuntungan trus make a wish dengan berdiri di atasnya bakalan buat kita balik lagi ke Perancis... wahhh saya mau itu!!! jadi gue..ibarat tante2 ceriwis, teris ke rombongan anak2 SMP di sana "EXCUSE ME!!" ya Allaahhh judesssnyaaa... mereka barengan liat gue dan terdiam... gue nunjuk tuh bulatan yang mereka duduki.. ihhh.. apa coba. Langsung make a wish;

"mudah2an gue bisa balik lagi ke titik ini someday... mudah2an gue punya kesempatan untuk sekali lagi berpetualang di Eropa, dan ini bukan yang pertama dan terakhir kalinya aku bisa nginjakin kaki di titik ini..." AMIEEEENNN!


Setelah gue foto2 jadi banyak juga yang foto di sana! hehehe... ngantri!

Sejarah dari  point zero ini katanya berawal dari zaman dulu kala, di depan Notre Dame ini ada patung. Nahh.. kalau penduduk Paris mau bepergian (jalan kaki tentunya) mereka selalu mulai dari patung itu dan menghitung jarak mereka pergi. Sekarang patung itu udah gak ada lagi dan di gantikan dengan lempengan hitam bundar. Mereka percaya kalau ritual ini di lakukan mereka bakalan balik lagi dengan selamat ke Paris.



Belum puas aku kitarin Notre Dame, ambil beberapa foto... dan guess what.. i heard my fave song played.. gue dengar Canon dari Pachbel di mainkan dengan biola dengan syahdunya, aku langsung cepat2 jalan ke arah suara. Oh Myyyyyy!!!!!!


Ada taman di belakang Notre Dame, dan mawarnya CANTIK!!!! ini pertama kalinya aku liat mawar sebegitu besarnya!! aku sampe nangis....

Terbawa suasana aku duduk di salah satu bangku taman... its so beautiful, dengan suara pengamen jalanan yang merem melek mainin biola dengan syahdunya... angin yang bawa harum bunga mawar... I've made it to Paris... i've made it.... to see things i want to see!! few check list on my bucket list!! terharu-biru..ohiks ohiks...

A park/Jardin behind the NotreDame Cathedral










GUE DI PARIIISSSSS!!! GUE DENGAR SUARA BIOLA DAN GUE DI TAMAN NOTRE DAME dan gue nangissss!! huaaahhhhhhh!!


..merasa alay, gue langsung cepat2 hapus airmata gue dan mulai foto sana sini!


Dari sini gue baru berasa lelah dengan emosi dan dah liat jam 5 sore, dah malam banget di Indonesia. Gue jalan menuju ke taman lainnya di seberang Notre Dame yang punya akses wifi gratis!! hehehe

Another park across NotreDame for free WIFI
Upload beberapa foto dan skype dengan Mr T yang buat gue kembali nangis huahuah! mellow deh gue!!

Setelah berhasil upload foto dan ngobrol, gue lanjutkan ke pemberhentian berikutnya Quartier Latin. Ato alun2 Latin hehe.. yukkk mari...jalan di sepanjang Rue du Petit Pont  nyambung ke Rue st Jacques.... dan di simpang belok kanan ke Rue des Ecoles penasaran aku juga masuk ke jalan2 kecil yang ngarah ke Quartier Latin.

Di arah ke Quartier Latin, sempat foto2 di depan 

Setelah nasar sana sini... akhirnya saya sampai juga di tempat kongkow anak muda di Paris. Kelaparan akhirnya sayamemutuskan untuk makan french fries LAGI plus kebab di kedai Gyro punya orang turki. Lumayan, porsinya LUAR BIASA!! bisa buat 3 orang haduuuhhh!!

Puas jalan2 dan nyasar di Paris, aku dah lumayan capek... liat jam dah jam 7 kurang heheh aku dah tau pasti telat deh!! berhubung metro dekat jadi nyampe di tempat kerja Guillaume hampir jam 8!

Tapi tenang.. ini dah masuk summer.. satu hal yang bikin aku takjub dan berkali2 bilang "Subhanallah" aku baru ngalamin matahari terbenam jam 9 malam!! memang Allah maha kuasa!!

Akhirnya aku naik RER lagi ke tempat Guillaume kerja, dia dah cemas banget sebab aku gak balik2 hahah orang Eropa on time! haduuhh baiknya host gue! Kami pun akhirnya pergi ke rumah Guillaume di daerah 12 arrodissement.. lumayan jauh juga ternyata dari tempat dia kerja.. huff mana bawa tas koper segede gaban.. 

Guillaume dah berbaik hati mau nolongin.. cuma gue gak mau aja.. abisnya..hiks dia dah baek hati ngebolehin gue tinggal di rumahnya.. (thanks to Couch Surfing!) jadi gak mau ngerepotin.. juga gak mau nunjukin tipikal cewek asia yang repooottt banget! rumah Guillaume gak jauh dari metro, cuma kurang lebih 50 meter! asyikk besok gampang deh jalan2nnya!

To be continued lagi...









  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Chitra Poespa Prihartini said...

mAllo,boleh share pengalamannya mba??
aku ada rencana mau BackPacker kesana juga.
tanya jawab via email ya...
chitralicious@gmail.com
thanks before
merci :)

Fico said...

@ Chitra
Garis besar travel aku sih udah ditulis di sini.. tapi kalau mau tanya2 ntar aku kirim mail aku ya ke kamu... thanks for reading :)

Backpacker Girls
Add blog to our blog directory.