RSS

Pindahan Tulisan Bahasa Indonesia

Dear pembaca, untuk kedepannya tulisan dalam bahasa Indonesia di blog ini bakalan aku pindahkan ke blog aku yang lain "Nona Backpacker" biar gak bingung bacanya.. thanks!


Russia-Moscow Day 2 (part 1)


Morning Moscow!

Hari ke dua di Moscow. Kita masih jetlag banget dan bangun jam 5 subuh. Kebetulan temen aku masih bingung nyesuaikan waktu shalat yang sangat beda jauh dengan Indonesia (kalo gak salah shalat subuhnya jam 2 pagi dan shalat isya sekitar jam 11 lewat). Maklum kita datang di waktu summer. Tengah malam pun di luar masih rada terang kayak jam 5.30-6.00 sore dan pagi matahari dah tinggi jam 4 subuh (kayak jam 6 pagi indonesia)

Hari ini kita ada janjian dengan guru Bahasa Russia aku Bu Olga. Bukan guru langsung sih hahah, aku punya beberapa guru Bahasa Rusia waktu belajar di Pusat Kebudayaan Rusia Jakarta/PKR (terakhir belajar tahun 2012 cobaak). Nah, bu Olga ini specialist level 2 ke atas yang kadang lupa level aku masih beginner dan suka nyerocos pake Bahasa Rusia sampe aku mangap2 (sangking gak ngerti dan takjub). Da, gue ngerti tulisan Cyrillic dan basic Rusia dan gue ngeri ketemu dia dengan Bahasa Rusia gue yang makin kacrut gara2 gak di pake hahahahah!! (murid durjana spotted haha)

Beliau excited banget waktu tau aku mau ke Moscow. Tapi  kebetulan dia tinggal di Thailand waktu itu, jadi gue ngga ngarep banyak lah ya. Sampai ketika fix mau berangkat dia harus balik ke Rusia, jadilah kami berdua super excited dan janjian ketemu.

Udah bisa nebak kan kenapa aku takut kan? Maklum sebagai salah satu murid super bebal yang lebih suka ngomong pake Bahasa inggris hahah sering di tegor kalo lupa lagi belajar Bahasa Rusia bukan Inggris. Tapi dari guru2 di PKR inilah aku juga tau orang Rusia baek2 banget kok (at least yang gue kenal). Jadi waktu mau nge trip ke sana aku ngga keder banget. Dari mereka sedikit banyak tau budaya dan masakan Rusia dan gimana sih hidup di Moscow. Yukkk.. lain kali main2lah ke PKR di Jl. Imam Bonjol Jakarta.

So, jadwal ketemu sudah fix, kita bakalan ketemu setelah jam makan siang.
Jadilah bangun pagi dan kita sarapan dengan bekal yang kita bawa masing2. Ada yang cukup ngopi nescafe sama biscuit, ada yang minum sereal, ada yang makan bubur instat juga atau indomie.

Oh ya, aku ngga suka di buru waktu traveling dan kebetulan semua temen traveling juga sama. Prinsipnya liburan, kita enjoy ajalah ya, ngga usah di bawa stress.
Dapur untuk umum yang bisa di pakai di Nice Hostel Pavaletskaya
Kita stay di Nice hostel Pavaletskaya. Kamar kita dorm buat 3 orang (pas banget) dan kamar mandi ada di luar. Hostelnya bagus sih, bersih. Kamarnya standar ukurannya. Bed ada satu queen size dan satu bed single.

Harganya juga medium low. Yang paling penting waktu ngurus visa nih hostel mau ngirimin “kwitansi” bukti bayar sebagai syarat buat visa. Respon waktu selama buat visalumayan cepat dan baik. Front desknya Bahasa inggrisnya pas2an tapi masih ok buat pake Bahasa tarzan sama basic lah englishnya pelan2 ngerti.

Di awal kita check in, kita minta langsung di registrasikan. Passport waktu kita check in udah di kumpulkan di resepsionis sebagai syarat buat registrasi ini. Nanti aku jelasin deh “lesson learned” soal registrasi ini. Sebab detailnya kita ngga pernah tau atau baca di blog lain, Taunya cuma minta registrasi aja bentuk dan caranya ngga tau.

Hostel kita sekamar ber 2. Sebenarnya tipe dorm room makanya pas banget. Kamar mandinya di luar pas banget di seberang Lorong kita. Jadi keluar pintu, Lorong langsung pintu kamar mandi. Not bad. Dan ada dapur yang lengkap, ada kompor dan microwave. Di dapur juga ada mesin cuci dan pengering yang boleh di pakai FREE (yaaaayy). Lumayan buat yang kayak kita bawa pakaian dikit bisa langsung cuci.

Kamar kita ngga termasuk breakfast. Tapi kita udah bawa bekal juga. Jadilah bangun pagi di mulai dengan buat kopi/teh atau energen. Temen gue buat bubur instant. Masih pagi banget jadilah Cuma kita yang ada di dapur.

Walaupun gitu harus ingat ya... mind your voice, jangan berisik dan SELALU BERSIHKAN dan rapikan kembali alat masak dan alat makan yang kita pakai. Ini tata tertib yang ngga tertulis di setiap hostel. Ngga perlu di tegor dulu deh... be a responsible traveller.
Cuci piring dan bereskan dapur sesudah pakai (belon mandi semua haha)
Sudah mandi rapi jali, langsunglah kita mulai jalan kaki menuju metro station. Metro station terdekat adalah Pavaletskaya. Lumayan sih jalannya, hampir 1 kiloan. Cuma kalau aku bilang ok aja sebab cuaca ngga panas dan trotoarnya enak buat jalan (walaupun ada beberapa yang di main road lagi dalam perbaikan buat nyambut world cup). Jalan kaki memang asyik kalo di negara orang sebab banyak yang bisa kita lihat.
Dekat dengan stasiun metro, unik steampunk art
Oh ya, sebelum berangkat keluar, di negara 4 musim biasakan untuk ngecek cuaca. WAJIB. Jadi ngga saltum. Walaupun untuk jaman now cuaca ngga bisa di prediksi at least kita tau kalau bakalan mau ujan atau bakalan mau dingin banget. Dan yang traveling barengan saling ngingatin aja jadi teman2 ngga saltum juga.

Hari ini pastinya kita mau langsung liat2 Red Square dong yang pertama!

Di Pavaletskaya  kita beli tiket di mesin tiket, menu tiket bisa di rubah ke Bahasa inggris kok, jangan keder. Aku juga sering beli tiket di loket, ngga masalah juga, hajar pake Bahasa inggris beli 3 tiket jari 3 naikin (Bahasa tarzan hahah).
Tipikal metro Moscow dengan (syukurnya!!) escalator yang rata2 nyala-masih trauma Paris kan ya!!!
Oh ya, jangan lupa download aplikasi Yandex Metro ya. Ada yang Bahasa inggrisnya kok. Sangat sangat sangat berguna sebab dia real time juga. Jadi selain nunjukin kita mesti naik line warna apa, juga ngasih tau berapa station. Dan ketika kita naik kereta, real time keliatan di aplikasi itu kita udah di stasiun mana.
Aplikasi yang bantu banget buat metro di Moscow
Naah problemnya, mulai masuk dari stasiun metro, kita dah nyadar, minim banget tulisan Bahasa inggris, bisa di bilang 85% pake huruf Cyrillic, tau kan abjad Rusia yang njlimet itu? Hahah maka kepake lah Bahasa rusia aku yang karatan itu. Pokoknya cara cepat bacanya, kalau 4 huruf pertama benar dan jumlah kata pas ya udah artinya udah benar hahaha (teori ngasal tapi berhasil). 

Kita semua udah download google translator kok plus offline dictionary-nya, just in case gak dapat sinyal. Ini juga membantu dari awal turun di airport Domodedovo!

Tips lain soal hostel dimana aja, kalau ada kartunama di frontdesk, SELALU BAWA KARTU NAMA HOSTEL, in case terpisah atau nyasar, di kartu nama ada tulisan Cyrillic alamat hostel/hotel. Jadi paling ngga kalau nanya2 bisa sodorin kartu nama itu tadi sama buat naik Uber atau Taxi.

Kalau pake bahasa inggris maksa mereka banyak nya ngga bisa Bahasa Inggris segala umur! Kalau di Paris seringnya yang muda2 bisa Bahasa inggris tapi di Rusia nggaaaa gituhh!
Lihat kebiasaan orang lokal, jangan blok eskalator, berdiridi pinggir kanan!
Dari stasiun Pavaletskaya kita turun di Revolution Square. Kereta metro Rusia termasuk yang paling cepat dan efektif di dunia. Waktu kedatangan Cuma selisih kurang dari 5 menit. Jadi  ngga bakalan lama2 nunggu keretakalau ketinggalan.

Stasiun metro Rusia terkenal dengan kecantikannya dan beberapa malah di anggap sebagai museum seni. Jadi kalau pakai metro di Rusia terutama Moscow, jangan buru2 deh. Banyak detail kecil dari stasiun ini yang worth to enjoy. Tiap stasiun berbeda design. Tapi temanya tetap nasionalisme ala2 USSR.

Waktu naik escalator super Panjang menuju exit Revolution Square kita di suguhin oleh langit2 berbentuk kubah yang tinggi dengan logo USSR di langit2. Bikin gue bengong sangking “majestic” nya tuh metro station. Benar2 ngga ada yang nandingin deh.
Lobby ticketing stasiun metro Moscow semuanya marmer muahal!
Begitu  keluar, ngga jauh ada gereja kecil. Oh ya agama utama di Rusia adalah Kristen orthodox, dan agama terbesar kedua? Guess what? Islam. Orang Rusia termasuk agamais kalau gue bilang. Mereka rata2 pasti nyempatin berdoa, atau minimalmemberi hormat waktu lewatin gereja ini (minimal buat tanda cross di dada). Mulai dari anak sekolah sampe babushka2 alias nenek2 di sana.

Jangan heran juga kalau liat orang pakai kerudung. Sebab di sana wajib menutupi kepala kalau mau masuk ke gereja.

Pagi itu hal yang pertama gue kenali adalah mall GUM (Cyrillic: ГУМ). Itu sebenarnya singkatan, nama panjangnya; Главный универсальный магазин (nyengir, jangan keseleo bacanya) atau Glavny Universalny Magazin.

Berhubung belum buka, jadilah kita nerusin,dan, mentok ketemu dengan red square di bagian tengah pas di seberang Menara jam red square.

Foto2 dong kita di depan Cathedral St Basil sebanyak2nya. Berhubung masih belum jam 12 jadi Red Square masih sepi banget. Jadi benar2 enak buat foto2. Cuma ngga lama hujan turun.

Berhubung kita memang udah sering traveling jadi memang sudah biasakan liat ramalan cuaca di HP sebelum keluar hostel, Hal remeh yang ngga biasa di lakukan sama orang Indonesia :D

Langsung deh pakai jas hujan plastik dan kembali foto2 hahaha
Kalo ngga biasa sama dinginnya hujan, bawaan pengen lari2 lompat2 biar anget hahah! 
Udah puas kita langsung masuk GUM yang udah mulai rame.
Sebelum makan temen gue mau shalat dulu. Jadilah kita ke toilet dilantai 2 dan kemudian cari kursi panjang yang cuma ada di lantai dasar carinya agak mojok dekat tangga, biar bisa shalat sambil duduk dan saling jaga. Soal shalat, maklum kita ngga tau tempat lain---tapi nanti kita ceritai deh ternyata ada satu tempat lagi yang bisa di jadikan tempat shalat di GUM!

Langsung naik ke lantai 3 buat cari Stolovaya 57 (столовая 57). Stolovaya restoran kayak kantin, super bersih, harganya MURAH meriah dan isinya Cuma orang lokal hahah.
Stolovaya atau kafetaria 57 di lantai paling atas Mall Gum Red Square
Tata caranya, ambil nampan dan piring, antrilah pokoknya. Trus nanti kita tinggal tunjuk makanan yang kita mau. Oh ya jangan lupa siapkan penterjemah ya hahah atau minimal tau basic untuk kata2:
Halal, ikan, daging ayam, daging sapi, telur, babi.

Simpan aja di notes HP. Tinggal sebut salah2 dikit mereka ngerti kok. Contoh bilang ikan/Рыба kalo baca ala2 indonesia-nya; Ryba. Bilang aja gitu sambil tunjuk2 ke dalam kaca hahah ala2 tarzan but it works.

Berhubung gue muslim, yang paling aman makan ikan sama telur atau makan salad sekalian (sehat haha). Makan di stolovaya mulai dari appetizer/pemdamping sampe minum plus dessert/cake satu potong yang lumayan yummy, ngga pernah nyampe 110ribu rupiah per orang. Bagi gue itu sesuatuh banget! Di Jakarta aja di mall kayak GI mana dapat cyiiinnn!
Banyak renovasi di sekitar Red Square
Habis makan kita langsung kalan lagi. Kali ini kita ngarah ke daerah Kitay Gorod atau kota tuanya Moscow. Kitay Gorod ini dulu tembok luarnya Red Square. Jadi seluruh kota tadinya berada dalam tembok. Ada bannyak bangunan tua dan katedral Cuma sayangnya mungkin untuk menyambut Piala dunia 2018 banyak yang lagi di renovasi.
Salah satu gereja tua di daerah Kitai Gorod
Sudah puas jalan mutar2, balik lagi kearah Red Square kita langsung ke stasiun kereta, buat Ketemu sama Bu Olga.

Nunggu sebentar di metro station Ploshchad Revolyutsi ketemu dengan bu Olga dan Tur Moscow Metro pun di mulai.....





**more pictures from Russia Trip at IG: Indoflyingfox ** 



  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Jelajah Nusantara Lebih Hemat Waktu dan Uang Bersama Skyscanner


Sering jalan ke luar negri aku sering di tanyain; Sudah berapa kota yang sudah dikunjungi di Indonesia? Berapa banyak pantai yang sudah di kunjungi? Berapa banyak Bahasa daerah yang sudah kamu dengar langsung?

Weitts…. Jangan salah.
Tanah Lot Bali yang indah
Jalan-jalan ke luar negeri ngga berarti kita ngga mensyukuri atau ngga cinta dengan tanah air. Malah aku kalau jalan keluar negeri jadinya sering mempromosikan tujuan wisata di Indonesia yang sudah pernah aku kunjungi atau yang aku anggap harus di datangi.

Dengan melihat negara lain, kita jadi bisa banyak bersyukur, bangga dan menyadari betapa kaya, cantik dan uniknya Indonesia. Indonesia negara luar biasa dengan lebih dari 17.000 pulau dan garis pantai terpanjang di dunia setelah Kanada.

Kita punya pantai dengan pasir putih, hitam, coklat, bahkan pink atau dengan bebatuan besar, dengan pasir yang lembut kayak tepung atau dengan kulit kerang, semua ada dan bikin sirik turis negara lain deh!
Gili Trawangan Sunset
Belum lagi sebagai negara yang di kenal sebagai “Ring of Fire” Indonesia di kelilingi oleh gunung-gunung dengan wisata alam yang cantik menghiasinya. Air terjun, gua, sungai, danau, bahkan banyak sumber mata air panas yang bisa di kunjungi. Negara multikultur dengan beraneka ragam budaya yang masih di lestarikan. Banyak deh alasan untuk berwisata menjelajahi Indonesia.

Aku bersyukur, dari jaman dulu dari umur 2 tahun, orang tua aku sering ngajak aku dan saudaraku jalan-jalan. Pertama-tama ke daerah/kabupaten di dalam provinsi. Kemudian waktu kita udah agak gede, sekitar 5 tahun, baru di bawa dengan mobil Toyota Hardtop ke Provinsi lain, melewati jalan lintas Sumatra yang masih hutan belantara. Pokoknya adventurous banget deh.

My favorite view flying with Garuda Indonesia

Jaman now, untuk merencanakan liburan sekarang udah ngga repot atau mahal banget kayak jaman dulu. Asal di rencanakan jauh hari dan di bantu dengan Skyscanner semua jadi lebih gampang, hemat waktu dan pastinya lebih murah.

Skyscanner apa sih?

Skyscanner itu salah satu situs web/aplikasi pencarian terbaik yang sangat membantu kita buat nyariin harga-harga tiket penerbangan, hotel dan termasuk rental mobil. Pokoknya komplit, sehingga kita tidak menghabiskan terlalu banyak waktu buat mencari di berbagai website satu persatu.

Harga tiket pesawat atau hotel yang di tampilkan adalah dari berbagai maskapai, dan berbagai situs asli maskapai tersebut ataupun pihak 3rd party/website travel lain yang kadang harganya juga lebih murah.

Skyscanner juga gratis, tidak  memungut biaya komisi apapapun sebagai imbalan. Partner website yang ada di Skyscanner terpercaya juga kok, jadi jangan kuatir untuk bertransaksi.

Nah, dengan Skyscanner ini kita bisa membandingkan harga dan melihat ulasan penerbangan atau hotel tersebut. Kita juga bisa menyesuaikan harga tiket pesawat dengan budget kita, pastinya cari yang harganya murah dan ulasannya bagus dong! Skyscanner juga di jamin ngga berpihak dengan website manapun, jadi review yang di berikan apa adanya.

Selain melalui situs, Skyscanner sudah ada aplikasinya loh. Aplikasi ini bisa kita dapatkan dari PlayStore bagi pemilik HP Android atau AppStore untuk pengguna Iphone, gratis kok.


Berhubung aku rasa aplikasi lebih praktis sebab kita bisa akses di mana aja selama ada sinyal data :D jadi aku nulis kebanyakan berdasarkan aplikasi Skyscanner (menunya ngga beda jauh sama sull websitenya kok).

Menu Utama website SkyScanner
Menurut aku, gampangnya, ada dua cara untuk menggunakan fitur pencarian tiket pesawat di Skyscanner ini. Semua tergantung apakah; jadwal perjalanan kamu sudah dipastikan/fix atau bisa kapan aja/fleksibel.

Perjalanan dengan jadwal dan tujuan yang pasti/Fix

Pertama-tama, kita cari tiket pesawat dulu dengan tujuan dan tanggal yang kita inginkan.
Menu Utama Aplikasi SkyScanner
Masuk ke aplikasi Skyscanner, langsung pilih menu “Tiket Pesawat”. Menu berikutnya kita langsung masukkan “kota asal” (aku di Jakarta) dan di bawahnya “kota tujuan” kita contohnya Solo. Setelah itu masukkan tanggal yang kita inginkan.

Setelah masukin tanggal, kita pilih “informasi penumpang”, dan masukkan jumlah pax/jumlah penumpang yang kita mau. Kalau ada anak-anak di bawah 12 tahun juga ada opsinya, begitu pula dengan Bayi di bawah umur 2 tahun. Di bagian bawah “informasi penumpang” ada pilihan kelas kabin. Kita bisa pilih mulai dari kelas ekonomi sampai dengan kelas satu.

Setelah masukkan data informasi penumpang, tekan logo kaca pembesar. Aplikasi akan mencari informasi mengenai tiket penerbangan. Tunggu sampai pencarian berakhir dan kita bisa melihat berbagai macam opsi penerbangan dari berbagai maskapai penerbangan beserta jadwal dan harganya.

Kita bisa menggunakan opsi “urutkan & saring” (tombol kanan atas) jika kita ingin mengurutkan daftar tersebut berdasarkan harga, durasi, peringkat maupun waktu pendaratan kepergian dan lepas landas kepergian. memiliki pilihan lain. Contohnya aku lebih suka penerbangan langsung, dan pada bagian “Maskapai & Bandara” pencarian aku persempit dengan memilih maskapai penerbangan Garuda Indonesia.
Kebetulan aku lebih menyukai terbang dengan maskapai Garuda Indonesia. Pelayanan mulai dari ground staff sampai selama di perjalanannya aku anggap selalu memuaskan. Selama terbang dengan Garuda aku jarang terkena delay selain karena faktor cuaca atau teknikal. Pokoknya pelayanan yang kita dapatkan sebanding deh dengan harga tiket pesawat Garuda Indonesia.

Balik ke pencarian maskapai lagi, setelah pencarian di urutkan dan saring, kita tinggal pilih jadwal dan harga tiket penerbangan yang sesuai dengan keinginan kita.

Jika kita belum siap untuk memesan tiket, kita juga bisa menggunakan fitur “awasi penerbangan ini” sehingga kita dengan gampang menemukan jadwal dan maskapai ini tidak perlu di cari dari awal lagi jika kita akhirnya memutuskan untuk membeli tiket.

Jika sudah merasa penerbangan tersebut pas banget, tinggal klik di “periksa penawaran”. Nah di sana bakalan di kasih banyak website yang menawarkan tiket penerbangan tersebut dengan berbagai harga. Tinggal pilih website yang paling murah dong!

Perjalanan dengan waktu dan tujuan bebas/fleksibel
Hehehe, ini buat yang punya jiwa adventurous dan punya jadwal cuti yang bebas/flexible pastinya.
Manu Jelajahi di website SkyScanner

Skyscanner punya opsi “telusuri” di halaman utamanya. Di menu telusuri ini, kita akan di  berikan opsi lain yaitu: Kemana saja (berbagai destinasi dalam dan luar negeri), wisata akhir pekan (pilihan destinasi di akhir minggu baik di dalam maupun luar negeri), penawaran terbaik berdasarkan bulan (pilihan destinasi dengan harga terbaik berdasarkan bulan)

Di pilihan menu “telusuri kemana saja” kita tinggal pilih kota keberangkatan, maka akan muncul opsi wisata di Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara, Asia Timur dan negara lainnya seperti Australia.

Untuk pilihan wisata Indonesia, nanti akan di tampilkan kota tujuan serta harga tiket penerbangan dari berbagai destinasi di Indonesia. Kita tinggal pilih tujuan yang kita mau. Nanti akan di tampilkan harga terbaik yang ada di Skyscanner, tentu saja tanggalnya acak/fleksibel. Pencarian di fitur ini bisa sampai dengan 3 bulan ke depan. Namun kalau kita mau dengan tanggal tertentu, pastinya bisa memakai pencarian cepat untuk tanggal lainnya.
Pilihan jelajah untuk wisata Indonesia

Nah udah dapat nih, maskapai yang aku mau, sesuai dengan waktu yang aku inginkan. Saatnya buat cari hotel. Untuk cari hotel melalui Skyscanner juga simple banget.

Di menu utama, pilih “hotel”. Selanjutnya tinggal masukkan nama kota dan tanggal kita rencana akan tinggal nanti muncul deh pilihan-pilihan hotel di kota yang kita mau sesuai dengan tanggal yang kita inginkan beserta rating hotel tersebut. Tinggal pilih deh yang sesuai dengan budget kita. Untuk mempermudah pencarian kita juga bisa menyaring pencarian sama seperti pencarian tiket pesawat sebelumnya.
Pencarian hotel di Skyscanner
Harga yang di tampilkan adalah harga total dari jumlah kamar yang kita pesan dan sesuai dengan lamanya kita tinggal.

Kita juga bisa loh sewa mobil melalui Skyscanner. Tapi sepertinya service sewa mobil ini sangat di sayangkan belum ada di semua kota. Aku juga belum coba sih. Tapi sepertinya opsi yang di berikan cukup banyak. Perusahaan penyewaan mobil juga terpercaya dan harganya juga ngga terlalu mahal.
Banyak opsi di menu sewa mobil SkyScanner
Nah, gimana? ngga susah atau mahal banget kan, untuk mulai menjelajahi nusantara kita sekarang? Tinggal gunakan Skyscanner, mau jadwalnya fix atau bebas/fleksibel SkyScanner bisa bantu kamu liburan ke tujuan yang kamu mau dengan anggaran sesuai budget kamu.

Skyscanner bukan Cuma sekedar bantu kamu buat cari tiket pesawat, hotel atau penyewaan mobil, di website Skyscanner juga banyak artikel tips tentang traveling loh. So, jangan lupa follow akun social mediaSkyscanner biar kamu tetap terupdate dengan artikel serta promo menarik!

Selamat menjelajah nusantara!


#jelajahnusantaraskyscanner


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang di selenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Backpacker Girls
Add blog to our blog directory.