RSS

Pindahan Tulisan Bahasa Indonesia

Dear pembaca, untuk kedepannya tulisan dalam bahasa Indonesia di blog ini bakalan aku pindahkan ke blog aku yang lain "Nona Backpacker" biar gak bingung bacanya.. thanks!


Jelajah Nusantara Lebih Hemat Waktu dan Uang Bersama Skyscanner


Sering jalan ke luar negri aku sering di tanyain; Sudah berapa kota yang sudah dikunjungi di Indonesia? Berapa banyak pantai yang sudah di kunjungi? Berapa banyak Bahasa daerah yang sudah kamu dengar langsung?

Weitts…. Jangan salah.
Tanah Lot Bali yang indah
Jalan-jalan ke luar negeri ngga berarti kita ngga mensyukuri atau ngga cinta dengan tanah air. Malah aku kalau jalan keluar negeri jadinya sering mempromosikan tujuan wisata di Indonesia yang sudah pernah aku kunjungi atau yang aku anggap harus di datangi.

Dengan melihat negara lain, kita jadi bisa banyak bersyukur, bangga dan menyadari betapa kaya, cantik dan uniknya Indonesia. Indonesia negara luar biasa dengan lebih dari 17.000 pulau dan garis pantai terpanjang di dunia setelah Kanada.

Kita punya pantai dengan pasir putih, hitam, coklat, bahkan pink atau dengan bebatuan besar, dengan pasir yang lembut kayak tepung atau dengan kulit kerang, semua ada dan bikin sirik turis negara lain deh!
Gili Trawangan Sunset
Belum lagi sebagai negara yang di kenal sebagai “Ring of Fire” Indonesia di kelilingi oleh gunung-gunung dengan wisata alam yang cantik menghiasinya. Air terjun, gua, sungai, danau, bahkan banyak sumber mata air panas yang bisa di kunjungi. Negara multikultur dengan beraneka ragam budaya yang masih di lestarikan. Banyak deh alasan untuk berwisata menjelajahi Indonesia.

Aku bersyukur, dari jaman dulu dari umur 2 tahun, orang tua aku sering ngajak aku dan saudaraku jalan-jalan. Pertama-tama ke daerah/kabupaten di dalam provinsi. Kemudian waktu kita udah agak gede, sekitar 5 tahun, baru di bawa dengan mobil Toyota Hardtop ke Provinsi lain, melewati jalan lintas Sumatra yang masih hutan belantara. Pokoknya adventurous banget deh.

My favorite view flying with Garuda Indonesia

Jaman now, untuk merencanakan liburan sekarang udah ngga repot atau mahal banget kayak jaman dulu. Asal di rencanakan jauh hari dan di bantu dengan Skyscanner semua jadi lebih gampang, hemat waktu dan pastinya lebih murah.

Skyscanner apa sih?

Skyscanner itu salah satu situs web/aplikasi pencarian terbaik yang sangat membantu kita buat nyariin harga-harga tiket penerbangan, hotel dan termasuk rental mobil. Pokoknya komplit, sehingga kita tidak menghabiskan terlalu banyak waktu buat mencari di berbagai website satu persatu.

Harga tiket pesawat atau hotel yang di tampilkan adalah dari berbagai maskapai, dan berbagai situs asli maskapai tersebut ataupun pihak 3rd party/website travel lain yang kadang harganya juga lebih murah.

Skyscanner juga gratis, tidak  memungut biaya komisi apapapun sebagai imbalan. Partner website yang ada di Skyscanner terpercaya juga kok, jadi jangan kuatir untuk bertransaksi.

Nah, dengan Skyscanner ini kita bisa membandingkan harga dan melihat ulasan penerbangan atau hotel tersebut. Kita juga bisa menyesuaikan harga tiket pesawat dengan budget kita, pastinya cari yang harganya murah dan ulasannya bagus dong! Skyscanner juga di jamin ngga berpihak dengan website manapun, jadi review yang di berikan apa adanya.

Selain melalui situs, Skyscanner sudah ada aplikasinya loh. Aplikasi ini bisa kita dapatkan dari PlayStore bagi pemilik HP Android atau AppStore untuk pengguna Iphone, gratis kok.


Berhubung aku rasa aplikasi lebih praktis sebab kita bisa akses di mana aja selama ada sinyal data :D jadi aku nulis kebanyakan berdasarkan aplikasi Skyscanner (menunya ngga beda jauh sama sull websitenya kok).

Menu Utama website SkyScanner
Menurut aku, gampangnya, ada dua cara untuk menggunakan fitur pencarian tiket pesawat di Skyscanner ini. Semua tergantung apakah; jadwal perjalanan kamu sudah dipastikan/fix atau bisa kapan aja/fleksibel.

Perjalanan dengan jadwal dan tujuan yang pasti/Fix

Pertama-tama, kita cari tiket pesawat dulu dengan tujuan dan tanggal yang kita inginkan.
Menu Utama Aplikasi SkyScanner
Masuk ke aplikasi Skyscanner, langsung pilih menu “Tiket Pesawat”. Menu berikutnya kita langsung masukkan “kota asal” (aku di Jakarta) dan di bawahnya “kota tujuan” kita contohnya Solo. Setelah itu masukkan tanggal yang kita inginkan.

Setelah masukin tanggal, kita pilih “informasi penumpang”, dan masukkan jumlah pax/jumlah penumpang yang kita mau. Kalau ada anak-anak di bawah 12 tahun juga ada opsinya, begitu pula dengan Bayi di bawah umur 2 tahun. Di bagian bawah “informasi penumpang” ada pilihan kelas kabin. Kita bisa pilih mulai dari kelas ekonomi sampai dengan kelas satu.

Setelah masukkan data informasi penumpang, tekan logo kaca pembesar. Aplikasi akan mencari informasi mengenai tiket penerbangan. Tunggu sampai pencarian berakhir dan kita bisa melihat berbagai macam opsi penerbangan dari berbagai maskapai penerbangan beserta jadwal dan harganya.

Kita bisa menggunakan opsi “urutkan & saring” (tombol kanan atas) jika kita ingin mengurutkan daftar tersebut berdasarkan harga, durasi, peringkat maupun waktu pendaratan kepergian dan lepas landas kepergian. memiliki pilihan lain. Contohnya aku lebih suka penerbangan langsung, dan pada bagian “Maskapai & Bandara” pencarian aku persempit dengan memilih maskapai penerbangan Garuda Indonesia.
Kebetulan aku lebih menyukai terbang dengan maskapai Garuda Indonesia. Pelayanan mulai dari ground staff sampai selama di perjalanannya aku anggap selalu memuaskan. Selama terbang dengan Garuda aku jarang terkena delay selain karena faktor cuaca atau teknikal. Pokoknya pelayanan yang kita dapatkan sebanding deh dengan harga tiket pesawat Garuda Indonesia.

Balik ke pencarian maskapai lagi, setelah pencarian di urutkan dan saring, kita tinggal pilih jadwal dan harga tiket penerbangan yang sesuai dengan keinginan kita.

Jika kita belum siap untuk memesan tiket, kita juga bisa menggunakan fitur “awasi penerbangan ini” sehingga kita dengan gampang menemukan jadwal dan maskapai ini tidak perlu di cari dari awal lagi jika kita akhirnya memutuskan untuk membeli tiket.

Jika sudah merasa penerbangan tersebut pas banget, tinggal klik di “periksa penawaran”. Nah di sana bakalan di kasih banyak website yang menawarkan tiket penerbangan tersebut dengan berbagai harga. Tinggal pilih website yang paling murah dong!

Perjalanan dengan waktu dan tujuan bebas/fleksibel
Hehehe, ini buat yang punya jiwa adventurous dan punya jadwal cuti yang bebas/flexible pastinya.
Manu Jelajahi di website SkyScanner

Skyscanner punya opsi “telusuri” di halaman utamanya. Di menu telusuri ini, kita akan di  berikan opsi lain yaitu: Kemana saja (berbagai destinasi dalam dan luar negeri), wisata akhir pekan (pilihan destinasi di akhir minggu baik di dalam maupun luar negeri), penawaran terbaik berdasarkan bulan (pilihan destinasi dengan harga terbaik berdasarkan bulan)

Di pilihan menu “telusuri kemana saja” kita tinggal pilih kota keberangkatan, maka akan muncul opsi wisata di Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara, Asia Timur dan negara lainnya seperti Australia.

Untuk pilihan wisata Indonesia, nanti akan di tampilkan kota tujuan serta harga tiket penerbangan dari berbagai destinasi di Indonesia. Kita tinggal pilih tujuan yang kita mau. Nanti akan di tampilkan harga terbaik yang ada di Skyscanner, tentu saja tanggalnya acak/fleksibel. Pencarian di fitur ini bisa sampai dengan 3 bulan ke depan. Namun kalau kita mau dengan tanggal tertentu, pastinya bisa memakai pencarian cepat untuk tanggal lainnya.
Pilihan jelajah untuk wisata Indonesia

Nah udah dapat nih, maskapai yang aku mau, sesuai dengan waktu yang aku inginkan. Saatnya buat cari hotel. Untuk cari hotel melalui Skyscanner juga simple banget.

Di menu utama, pilih “hotel”. Selanjutnya tinggal masukkan nama kota dan tanggal kita rencana akan tinggal nanti muncul deh pilihan-pilihan hotel di kota yang kita mau sesuai dengan tanggal yang kita inginkan beserta rating hotel tersebut. Tinggal pilih deh yang sesuai dengan budget kita. Untuk mempermudah pencarian kita juga bisa menyaring pencarian sama seperti pencarian tiket pesawat sebelumnya.
Pencarian hotel di Skyscanner
Harga yang di tampilkan adalah harga total dari jumlah kamar yang kita pesan dan sesuai dengan lamanya kita tinggal.

Kita juga bisa loh sewa mobil melalui Skyscanner. Tapi sepertinya service sewa mobil ini sangat di sayangkan belum ada di semua kota. Aku juga belum coba sih. Tapi sepertinya opsi yang di berikan cukup banyak. Perusahaan penyewaan mobil juga terpercaya dan harganya juga ngga terlalu mahal.
Banyak opsi di menu sewa mobil SkyScanner
Nah, gimana? ngga susah atau mahal banget kan, untuk mulai menjelajahi nusantara kita sekarang? Tinggal gunakan Skyscanner, mau jadwalnya fix atau bebas/fleksibel SkyScanner bisa bantu kamu liburan ke tujuan yang kamu mau dengan anggaran sesuai budget kamu.

Skyscanner bukan Cuma sekedar bantu kamu buat cari tiket pesawat, hotel atau penyewaan mobil, di website Skyscanner juga banyak artikel tips tentang traveling loh. So, jangan lupa follow akun social mediaSkyscanner biar kamu tetap terupdate dengan artikel serta promo menarik!

Selamat menjelajah nusantara!


#jelajahnusantaraskyscanner


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang di selenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Backpacker Girls
Add blog to our blog directory.