RSS

Pindahan Tulisan Bahasa Indonesia

Dear pembaca, untuk kedepannya tulisan dalam bahasa Indonesia di blog ini bakalan aku pindahkan ke blog aku yang lain "Nona Backpacker" biar gak bingung bacanya.. thanks!


Tips pilah pilih Backpack

Dua tahun yang lalu sebelum trip aku, mulai cari2 tas ransel  baru.

Berhubung trip waktu itu trip backpacker Eropa, yang notabene berpindah lebih dari 8 kota, jadi butuh ransel yang reliable.

Nyari tas ransel sama susahnya kek nyari jodoh (tsaaaahh.. jangan baper yak). Kalo salah beli case2nya:
  • Di jalan tas rusak gak bisa di pake (mulai dari resleting rusak, atau tali tas putus)
  • Salah milih bahan/material, keujanan, isi tas basah semua
  • Tas gak nyaman yang ada sampe pulang pinggang, bahu, pundak sakit semua
  • Tas kekecilan atau kebesaran. Tas kekecilan, gak muat semua barang yang kita sudah pilih mau di bawa. Tas kebesaran, turun berok gara2 berat tas kosong aja 1 kilolebih.

Untuk yang punya masalah dengan tulang belakang dll, aku saranin investasi dengan tas ransel yang bisa pake roda. Tapi fyi aja ya… tas pada umumnya yang kek gini lebih berat dari tas ransel biasa dan untuk di masukkan ke kabin agak tricky.

Makanya aku bilang “investasi” beli yang mahal tapi dengan bahan yang bagus dan lebih ringan.

Tas yang bagus gimana sih?

Berhubung aku adalah seekor mahluk yang tomboy yang besar dengan tas ransel lebih banyak daripada tas cantik… inilah dasar pertimbangan tas bagus/baik/buruk menurut gue (selain harga):

  1. Bahan tas. Aku butuh tas yang bahannya kalau bisa waterproof dan atau punya rain cover yang waterproof. Walaupun bukan digunakan untuk keperluan hiking, bahan waterproof ini sangat menyelamatkan waktu aku ke Eropa di waktu Spring-Summer yang hujannya bisa nyaris tiap hari. Pernah liat tas yang bawannya pake jaring2 weiihhh terlihat keren.. Cuma kalau mau tas tahan lama jauh2 deh.. mikirnya nyangkut sana sini lumayan ituhh… wassalam. Jadi jangan cuma liat warna, liat lah bahan tas tersebut. Kalau memang tas belum ada raincover atau ngga waterproof, tipsnya semua pakaian dipilah2 dalam plastik ziplock. Jadi kalau hujan pakaian ngga basah (jurus hacking packing)
    My beloved 40+5L local brad backpack for past 2 years
  2. Punya bukaan depan yang bisa di kunci. Naaahhh ini banyak banget tas jaman sekarang yang punya kancing zipper bukaan samping atau depan (favorit aku) yang bisa di gembok. Bukaan atas yang pake tali tetep ada. Tapi seringnnya aku ikat mati dengan kabel sling baja yang aku kasih gembok tsa kecil. Aku  keluar  masukin baju lewat bukaan kancing zipper yang dari depan. Ini ngebuat kita gampang banget buat susun bawaan kita. Untuk yang terbiasa dengan tas koper, di jamin pasti suka dengan tas ransel bukaan depan. Selain itu factor keamanan tas. Jadi tas bisa rapat terkunci kalau kita tinggal di dorm hostel.
    Ransel dengan bukaan depan yang buat kita gampang keluar masukin baju dan bisa di gembok
  3. Banyak kantong. Mau di luar di dalam tas… aku butuh kantong2 ini buat susun2 barang. Pernak Pernik kecil2 cewek tau sendiri banyak. Kalau perlu ada kantong tersembunyi yang bisa di kunci buat nyimpan barang berharga lebih bagus.
  4. Frame tas internal. Ini penting… buat kenyamanan punggung kita ini ngebantu buat tas tegak lurus juga jadi  tas gak keliatan gendut dan langsing ke atas. Tapi tolong di ingat yang untuk punya rencana traveling dengan budget airlines. Boleh gak bawa tas ke dalam pesawat? Salah satu syarat bawaan kabin adalah tinggi max rata2 bagasi kabin max 55cm. Jadiiiii usahakan kalau memang mau pake budget airlines, cari tas dengan frame 50cm max. Why??? Frame itu untuk badan tas. Kalau bagian tutup atas tas di isi percaya deh… tinggi tas bisa lebih dari 55cm dan gak bakalan di bolehin naik! Jaman sekarang untuk tas2 yang merek mahal sudah ada frame yang terbuat dari bahan karbon. Jadi lebih ringan. Oh ya, ransel yang boleh masuk pesawat cuma boleh yang framenya terjahit/ngga bisa di lepas. Jadi kalau beli tas hiking dengan frame besi external kayaknya ngga boleh masuk kabin.
  5. Punya hipbelt yang tebal busanya. Nah ini trik yang banyak orang yang gak pernah pake tas ransel gak tau. Untuk bawa tas carrier yang  besar sebenarnya sebagian besar berat tas di tahan oleh pinggul. Makanya penting buat cari tas yang pake tali pinggul yang kokoh dan tebal buat bantu tahan tas. Jadi kalau ada yang bilang tasnya berat di pundak, itu salah settingan yak… harusnya beratnya fokusnya di pinggul ini tadi. Untukyang cewek.. heheheh berbahagialah yang punya pantat semok... sebab tas nyangkut di atas pantat (seharusnya hahaha) at least buat gue… ini buat gue bisa bawa tas berat 13-15 kilo enteng hahahah 
    Osprey Cirrus 36-gede  kan? ngga perlu nggantung di pantat lah ya (Pic from REI Website)
  6. Shaped & adjusted back lumbar support. Naaahhh… kalo ngebayanginnya… pernah duduk di bangku dengan sandaran yang lurus tegak? Mana yang lebih enak di banding dengan kursi kantor yang egronomis yang berlekuk ngikutin tulang belakang? Pastinya enak yang berlekuk sebab beban sekali lagi terdistribusi rata. Berat bukan cuma buat/bertumpu di pundak atas aja. Bagian tas yang berlekuk ini penting juga buat sirkulasi udara. Jadi ngga buat kita keringatan gerah dan ini juga lumayan bikin enak… bawa2 tas muter nyari hostel buat gerahnya minta ampun padahal kadang jalannya gak jauh hahah.. makanya kalau belakang tas berlekukjadi lumayan ada angin masuk siwir2. 
    Adjusted & shaped bagian belakang tas yg bikin nyaman 
  7. Ukuran proporsi tas. Nah… yang aku omongin ini lebih pada ukuran dimensi tas ya… sebab namanya ukuran dimensi liter tiap tas beda2. Penting untuk pilih tas khusus cewek kalau bisa. Sebab memang secara fisik kita beda banget sama cowok, yang torsonya lebih panjang dan lebar. Untuk cewek ini penting. Udah badannya mungil, pake tas yang tinggi ukuran L, sampe bawah tas ngejuntai ke bawah pantat atau terlalu lebar di bandingkan badan… kalo aku liat beuhhh gak kebayang itu bahunya gimana sakitnya (padahal yang aku liat dia pake tas merek mahal loh). Jadi kalau mau beli online tanyalah panjang/dimensi ukuran tas jangan ukuran liter tas aja… apakah masuk sama ukuran torso kamu? Kalau tas yang mahalan jaman sekarang sih untuk torso belakang ada pengaturannya. Tapi tetep aja kelesss… carilah tas yang sesuai dengan proporsi badan. Kalo torso kita pendek.. mending cari tas yang ukuran s yang agak gendut ke samping gak masalah sesuaikan dengan badan yang penting berat tas bisa terdistribusi dengan baik. Kalau Cuma liat dari ukuran liter, 45 liter tas merek eiger itu gak sama dengan 45 liter tas osprey. Tinggi dan lebarnya bisa beda. Jadi kalau beli online, agaiiinn tanyaaa…. Berapa ukuran dimensi tas, trus ukurlah panjang torso sendiri. Ngukur torso gimana? Mulai dari pundak/bahu ke atas pinggul-itu panjang torso. Seharusnya tas kurang lebih sepanjang itu. Jangan lupa juga ukur lingkar badan, carilah tas yang hipstrapnya bisa di sesuaikan. Rata2 kalau diliat dari torso badan, seharusnya kita yang nyaman di tas ukuran max55 liter. Untuk lebih nyamannya di 30-45liter (ukuran tertentu bisa masuk kabin). Tas aku sendiri 45 liter, dan percayalah, cukup buat 18 hari trip eropa.

Ransel beda merek, beda proporsi padahal ukuran liter kurang lebih atau sama (Pic From REI Website) 
Nah di luar tadi semua… ujung2nya kembali ke urusan harga.

How much? Kalo mau yang merek "bagus" rata2 di atas 1 juta. And sorry sebagai backpacker kere (Read:Missqueen) carilah harga masuk akal. Kalo dah nemu tas harga 3 jutaan, menurut aku, mending gak usah beli.

Investing sih ok, tapi kalau barangnya cuma kepake setahun sekali kayaknya gimanaaaa gitu. Bisa buat tiket Cathay promo PP CGK-HKG hikssss.....

Aku dalam pencarian, sampe pergi ke pameran tas yang seharusnya harga tas diskon 30-70% dan nemu satu tas yang aku jatuh cinta mampus. Tapi waktu tanya harganya? $320 langsung patah hati di tempat. Mereknya Gregory hanya 32L tapi di torso aku cantic banget, warnanya merah pulak. Pokoknya gress abiss. Tapi… hiksss… mending beli tiket pp Jakarta hongkong kan ya cyiiinn…

 
Gregory 30L yang gw naksir berat
Next… rekomendasi merek? Waaahhh kalau ini udah urusan selera sama urusan duit ya… tapi aku bakalan Recommend untuk tas dari Northface, Osprey, Jack Wolfskin atau REI.


Aku juga dulu pernah beli Alpine Lowe di Bangkok, Thailand, harganya miring luar biasa (60+10L di kisaran harga Rp400K tahun 2009). Ngga tau asli apa ngga, tapi kualitasnya memang luar biasa. Bagian depan tas bisa di copot/ada tas daypacknya yang bisa di reseleting jadi satu sama tas. Mulai dari bahan, resleting, sampe tali temali (wajib di cek ya, jangan asal beli murah). Tas ini andalan aku, yang aku saying dan cintai... sampe2 di tempelin stiker bendera2 Negara yang aku sudah kunjungi....  sampai satu ketika rumah gue kemalingan dan si maling dengan CERDASNYA pake tas ransel aku (milih dong doi)  buat nge gondol barang2 dirumah, how convenient kan?? **kezaaaalll**

Alpine Lowe yang di gondola maling-yang aku punya warna biru tua

Jadi saran aku kalau lagi traveling cari2 lah tas ransel, karena di luar negri lebih murah ketimbang di Indonesia. Kualitas juga seringnya jauh lebih bagus.

Kalau mau yang premium Gregory is highly recommended. Merek local sebenarnya ngga masalah. Aku akhirnya pilih merek local kok. Ngga pernah dengar pula mereknya hahah tapi ta situ Berjaya untuk trip Eropa 2 kali plus backpacking ke Rusia.

Untuk merek local yang harganya jomplang tapi kualitas juga termasuk "ok" dan sstandar internasional :
  • Consina
  • Eiger
  • Gravell
  • Avtech
Mungkin bisa di google sebagai pertimbangan sebab memang gak kalah kok modelnya.


Consina 45L woman series--not bad kan?

Again aku mau tekankan... jangan di liat ukuran liternya juga, ukuran dimensinya juga penting. Ini aku share beberapa foto perbandingan tas yang ukuran liternya beda. 


Osprey Cirrus 36L tinggi tapi tiipis

Osprey Kyte 46L lebih besar tapi tingginya keliatan sama

Masih banyak juga sih pertimbangan lain buat beli tas. Tapi pilah pilih lah leih dahulu. Ini bakalan jadi teman adventure kamu loh bertahun2 di kala susah senang, di kala hujan es, turun salju ataupun panasnya summer... temen kamu di kala menggeletakk di airport, jadi bantal dikala ngemper nunggu di stasiun kereta.... teman dikala nguber pesawat, ataupun di uber copet... pilihan mu sangat menentukan (tsaaaahhh).
Mudah2an bias membantu yak...


#backpack #tasbackpack #belitasransel #tasransel #ranselperempuan #ranselbackpacking #backpacking #ransellokal #tipsransel #tipsbackpack

Note.
Pictures mostly from REI Official websites and other websites.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Contoh Personal Packing list-Eropa

Dari kecil bias di bilang aku beruntung punya keluarga yang hobinya adventure. Selain adventure juga termasuk impulsive----pagi masih nonton film kartun jam 3 siang kita tiba2 inisiatif berangkat ke Padang/Sumaera Barat pake mobil. Jadilah sekeluarga ibarat film home alone yang ambil barang2 tumpukin di ruang tengah sementara nyokap sibuk masukin makanan, dan bokap masukin barang ke mobil, kita packing barang di ruang tengah dalam segala kehebohan dan drama.

Sudah besar akhirnya kuliah di luar kota juga biasa traveling antar provinsi pake jasa travel yang cuma boleh bawa satu tas. Dan btw, ngga kayak di jawa yang bisa berhenti di banyak tempat, lintas Sumatra sampai saat ini sepanjangan hutan ngga ada took mau beli minyak kayu putih atau sekedar pipis (yang Sumatra atau pulau selain Jawa dan Bali tau lah hahaha).

Dari pengalaman itu aku jadi biasa packing barang detail dan tergantung dengan beberapa hal (makanya di sebut personal packing list). Packing list itu apa lagi  backpacker penting banget karena harus hemat space dan berat. Packing menurut gue harus memperhatikan:

  1. Jenis kelamin; cewek dan cowok beda bawaannya ya.... seharusnya cowok lebih bisa bawa barang lebih sedikit dari cewek (secara kalian gak perlu pembalut, beha ataupun makeup ya cyiiinn)
  2. Tempat Tujuan---ini ada kaitan dengan itinerary. Ada beberapa tempat tujuan punya dress code tertentu. Kalau mau pergi ke tempat yang konservatif ya bawalah pakaian yang lebih tertutup. Kalau ada jadwal renang, atau spa ya bawalah baju renang. Kalau mau ada acara dinner ya bawalah dress, dst Kalau mau camping jangan lupa camping gearnya
  3. Cuaca; bawaan winter yang pasti lebih banyak dari bawaan summer. Secara summer pake bajutipis2 ya ngga masalah ataupun celana pendek. Kalau winter beuuhhh... sudah tebal2 mana mesti beberapa lapis kan ya
  4. Tempat tinggal/akomodasi;kenapa termasuk perhitungan? kalau gue bakalan tinggal di hotel gue gak bakalan bawa sabun mandi sendiri atau handuk. Gue juga bakalan cek kalau hotel/hostel sedia hairdryer. Dan fyi kenapa gue ngotot bawa hairdryer? rambut basah waktu winter itu big no... bisa enter wind bro!!
  5. Durasi traveling; nahhh ini ngarus juga loh... apalagi di tempat yang kita tuju susah mesin cuci koin atau hostel ngga ada free mesin cuci jadi mesti bawa lebih banyak pakaian atau paling ngga extra kaos kaki.
Masih bayak factor lain sih... cuma bagi aku 5 ini cukup penting untuk diingat tiap kali nyusun packing list.

Tiap orang hasil packingnya pasti berbeda, sebab tergantung dari gaya travelingnya juga. Ada yang hobi traveling dan buat foto cetar baday... ini butuh banyakpakaian. Tapi ada juga yang backpacker biasa yang memang pindah dari kota ke kota  lain yang butuh traveling light jadi pulang2 ke Indonesia ngga berotot kek kuli pelabuhan bawa koper 30 kilo sana sini.

Tips packing?? dua bulan sebelum berangkat mulai kumpulin bawaan. Tiap 2 minggu review dan KURANGI bawaan tersebut. Teruuusss sampe mau hari H. Bedakan antara "NEED" dan "WANT" kalau memang need alias butuh ya di bawa... kalau sekedar want alias ahhh mau pake ini ituh yaaa di pertimbangkan sajah.

Kalau sudah sistem eliminasi kek gini biasanya kita jadi ngga terlalu kebanyakan bawa barang dan pulangnya nanti ada space buat oleh2 atau ada barang2 baru yang kita beli.

Untuk makanan---please deh, kalau udah mau pulang tinggalin aja buat housekeeping hotel atau orang di hostel--letakin di common room atautinggalin buat host kamu... atau kalo mo lebih baik lagi?? hubungi FPI alias forum pelajar Indonesia setempat mereka dengan sangat senang hati mau kok nampung bumbu2 masak atau indomie yang masih ada. Beramal lah untuk mbak2 dan mas2 yang lagi nuntut ilmu di Negara orang ini(sambal berdoa mudah2an kalo anak cucu kita kesampean kuliah kek mereka juga di permudah-AMINNN)

Ini contoh packing list aku untuk trip ke Eropa waktu itu Spring jadi lumayan sembriwing dan cuacanya sering hujan (rajin2 cek di accuweather atau internet sebelum berangkat). Lama perjalanan 18 hari dan kebanyakan di airbnb sama hostel. Jadi ada beberapa yang punya mesin cuci dan kebantu dengan nyuci per 3-4 hari.

Packing list ini bisa di pakai untuk ke Negara lain, sesuaikan aja dengan cuaca lah ya.

Oh ya, aku tipe yang paling gak suka dengan celana dalam kertas yang sekali pake--ngga nyamaaaannn... sekali lagi... orang beda2. Jadi ya ini sekedar ide, jadi sekali lagi silahkan di sesuaikan dengan yang 5 tadi.

Have fun!


Packing list Eropa 18 hari



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Domodedovo Moscow-Welcome to Russia! (Arrival-Day1)

After a long flight roughly 14 hours all you wanted is a great sleep in your accommodation place, just sleep. A proper one in a real bed.

Untuk trip Jakarta-Bangkoknya ngga perlu di share lah ya... sebab main eventnya di Rusia!

Got off the plane straight to the immigration lines, if you need to go to toilet better do it before your plane landing. The queue at the toilet before immigration is as crazy as the immigration queue it self. Sebelum pesawat landing, ada bagusnya cuci muka sikat gigi sama dandan lah ya. Biar lebih presentable di depan imigrasi.

Passport di persiapkan beserta file dokumen yang isinya copy bookingan sama visa support letter.

Domodedovo ngga terlihat cetar baday. Ngga banyak tulisan dalam bahasa inggris dan tradaaa minim banget petugasnya pakai bahasa inggris. Airportnya standard Eropa, bisa aku bilang kecil sih sebagai airport utama ibukota (ada total 3 airport di Moscow).

Dan benar wanti2 dari beberapa blog dalam dan luar negri soal antrian imigrasi Domodedovo yang semrawut--no really such as antrian bo! ganas! Kita jadi ngikut rombongan sesama asia somehow orang Thailand semua yang di lajur  kita. Sebelnya mereka juga main lewat aja ngga ada antriannya gara2 temen2nya di depan jadi ngikut maju satu2.

Untuk imigrasinya sendiri, wajah jutekitu biasa, jutek plus dingin itu hal yang umum di Rusia. Memang bawaan oroknnya seperti ini laki2 ataupun perempuan.

Passport kita di minta, no question asked, ngga di tanya apa2 kok at least waktu giliran gue. Cuma scan finger print trus stempel. Nantrinya mungkin sekita 1 jam tapi proses imigrasinya sendiri gak sampe 5 menit kok.

Nanti di kasih lembar/kartu imigrasi. Lembar ini sangat penting. Jangan sampai hilang.

Lembar Imigrasi Rusia, jangan sampai hilang!
Kartu imigrasi ini sangat penting sebab untuk setiap pelaporan kedatangan (di hostel atau hotel) lembar ini akan di minta.

Foto pake hp, dan kalau bisa minta orang hostel atau hotel buatkan 1 copy just incase (bayar lah kalau mereka minta bayaran buat copy tuh kertas--worthed kok). Kartu ini gak bisa di ganti kalau sudah hilang atau di curi.

Oh ya kalau sampai kejadian hilang, langsung urus di Regional Bodies of Domestic Affairs Domiciliary. Dan good lluck ya... ngurus chek in hotel di Rusia aja berabe gara2 kendala bahasa, kebayang gimana ngurus birokrasinya dengan kendala bahasa (yaeyalah ngurus surat2 kekecamatan pake bahasa indonesia aja berabe apalagi ke Rusia hahaahh... saya doaken sajalah dari jauh).

And yes, silahkan google, kalau lembar ini sampai hilang konsekuensinya bahkan sampai di tahan di airport, di persulit keluar dari Rusia dan untuk kedepannya ada kemungkinan masuk ke Rusianya lagi akan sangat susah/blacklisted.

Selesai imigrasi kita langsung ambil bagasi. Karena kelamaan di imigrasi jadilah tas kita di lost and found, udah ngga di conveyor lagi.

Dari Jakarta tas  ransel carrier aku di bungkus dengan plastic hitam sampah plsu di lakban, biar tas ngga nyangkut2 talinya. Pengalaman bawa carrier dengan tali temali riskan ngangkut dan tas sobek atau rusak.

Ilfil gak liat tas di bungkus gini? jangan salah di Rusia kek nya ini hal biasa kok!

Keluar dari ambil bagasi, otak masih roaming, mata ngantuk badan capek. Kita langsung cari ATM. Kita cuma bawa USD yang jumlahnya sekitar 300 dan memang cuma mau tarik ATM aja. Rubel nilai tukarnya di Indonesiajelek banget jadi lebih make sense kalau ambil langsung via ATM dengan konsekuensi kena Rp 30.000 per transaksi. Dan tiap transaksi cuma bisa ambil 5000 ruble maksimum. Jadi kalau mau ambil 15000 harus 3 kali transaksi.

Untuk CIMB kalau saldo di atas 10 juta rupiah, maka transaksi penarikan tidak di kenakan biaya apapun--ingat2 ya! tapi kalau saldo di bawah itu langsung kena 30k.

Dari hasil cari tau kita udah tau untuk ATM maestro sama cirrus gak bisa di pakai. Jadi untuk ATM Mandiri sama CIMB niaga bisa sebab keduanya pakai Mastercard sama Visa (walopun buka kartu kredit).

Letak mesin2 ATM ada di luar pintu kedatangan, langsung aja melipir belok ke kiri. Letak mesinnya setelah counter2 chek in airlines. Agak sedikit mojok. Ada 3 mesin berjejer. Ada 1 merah, ada 2 hijau. Kita n gantri yang di hijau sebab yang hijau lebih rame (asumsi pasti bank besar hahah)

ATM ijo pembawa bencana!

Temen aku kebetulan kartunya mandiri dan dia mau ambil dulu---aku jaga2 liat tuh mesin hanya dalam bahasa Rusia dengan Cyrillic, jadi aku rubah dulu dala, bahasa Inggris. Daaannn ternyata tewwweewww... transaksi pertama dia cancel, aku tanya.. kenapa? dia bilang PIN di mesin cuma 4 digit, sementara PIN ATM Mandiri dia 6 digit.

Terdiam.

Kita bilang ok, kan baru sekali, kali ini coba paksain 6 digit aja, masih ada sisa 1 kali coba kan (biasanya kan 3 kali ya ciiinn). Dan kita cobalah dengan 6 digit pelan2. Sampe menu penarikan, tariklah uang, dan klik continue.... tetiba bretttttttt layar langsung bilang PIN salah dan langsung balik ke layar awal, kartu ATM tertelan!!!!!

Nomor telepon ATMM yang sempat ke capture

Kami panik laaaaaaaahhh hahahah. Aku langsung foto nama mesin dan nomor hp. Berdiri celingukan liat kiri sama kanan, dan ada satu cewek yang mau pake tuh mesin. Kita langsung tanya bisa bantu ngga? dia kaga bisa bahasa inggris pulakkk hahaha.... ngga ada matinya kita translate pakai google translate dan kita kasih sama dia. Dia bilang ok. Dan liat layar ATM dan telepon bank langsung. Kita waooow banget sebab sebenarnya kita cuma mau tanya, kantor bank si atm ini ada apa ngga di airport, tapi berhubung ybs gak ngerti ya sudahlah. Dan dia baek banget langsung nelpon pake hpnya ke bank atm itu.

Cukup lama dia ngomong sama CS bank, kita sampe gak enak sebab mungkin dia lagi kejar flight atau mau jemput orang jadi ketahan sama kita. But thats people in Moscow sodara2---dibalik kerasnya muka mereka sebenarnya baek2 kok!

Akhirnya dia selesai ngomong dan dia bilang sorry no help... trus dia pinjam hp dan translate dari rusia ke inggirs dan liatin ke kita. Dia bilang harus urus di bank tersebut di kota moscow dan mereka gak bisa datang dan bongkar mesin. Jrenggg jreeengggg.....

Akhirnya ya sudah deh daripadadi awal sudah stress sendiri untung kita bawa internet banking, jadi tinggal di transfer aja ke CIMB aku. Kita test dulu pakeCIMB dan PIN tetap 6, ngga berubah...errrhh hahahah... ya sudahlah. Temen aku langsung blokir atm mandirinya dan kita lanjut untuk cari simcard.


Note>>>hati2 sama urusan PIN atm, mesin ATM sana memang agak lelet jadi kalau tekan pin penuh perasaan lah ya.

Ok Tips untuk simcard, kalau ngga benar2 butuh, ngga usah beli di airpot sebab lebih mahal. Tapi berhubung internet di airport pun harus registrasi dengan nomor lokal, alias ngga bias di pake langsung, terpaksalah beli yang di airport.

Review dari traveler yang ke Rusia ada beberapa sim card yang bagus. Tapi di airport kita akhirnya beli MTC. Harganya lumayan di getok 1000ruble. Padahal kalo di tengah kota paling harganya 300-400 ruble udah dapat 4giga data dan buat telepon local.

Tapi its ok lah sebab kita ber 3 untuk sementara waktu ngga masalah.

Udah beli simcard, kita yang udah lelah hayati masih harus cari cara ke hostel. Tadinya yang aku rencanain pake Aero express. Tapi iseng2 liat Uber, dan ternyata uber sampe hostel pas 1000rubel. Sedangkan kalau naik Aeroexpress kita bayar 300rubel perorang belum lagi harus lanjut dengan metro plus jalan ke hostel yang letaknyakitamasih belum tau.

Sepakat... nekad pake Uber.

Di titik ini kita udah yakin 1000persen bakalan langka banget supir yang bias Bahasa inggris (semua matamandang gue errrh) hahaha gue baru level 2 Bahasa Rusianyaaaaa... dan itupun kaga nerusin dan berhenti tahun 2014 (murid durjana hahaha).

Nekad tukar nama ganti dengan turlisan Cyrillic. Dan langsung di sambar sama sopir Uber. Namanya Aleksander (dengan tulisan Cyrillic).  Dia kirim pesan, yang gue langsung copas pake google. Dia Tanya di mana? gue translate balik di google translate "kita di exit C". dan gue tau banget namanya google translate suka ngawur hahah berharap dia ngerti. Dia jawab mobilnya warna putih... ok, kita keluar... Jreeenggg mulailah adventure.

Keluar dari airport, benar2 rasanya overwhelming.Kita capek berat, plus jarang banget dengar Bahasa Inggris, ngga ada petunjuk Bahasa Inggris juga. Jadilah gue coba ingat baca Cyrillic (sangat sangat sangat berguna). Di luar udah rame taksi2 yang nawarin diri, kadang ada yang sedikit agresif, jawab aja "Niet" atau kalau dalam "logat indonesia" lafalnya "Nyet" artinya NO.

Langsung dorong bagasi ke arah jalan. Janjian sama sopir. Bengong, alangkah banyaknya taksi dan mobil sedan warna putihhhh haiiyoohh hahaha

Berbahagialah, Soekarno hatta ngga se riweh Domodedovo. Siap2 aja yah hahah.... salah satu yang perlu kita syukuri dan bangga. Soeta ngga se amburadul Airport internasional ibukota Rusia.

Temen gue teriak, berapa 3 nomor terakhir mobilnya? gue cek sepintas aplikasi uber, teriak ke dia "Kia Rio Putih 750" dan kita liat puluhan mobil lewat, jreng gue liat KIA putih dan belakangnya 750 langsung gue ketok dong kaca sopirnya "hai, are you alenxander?" dia bengong dong hahahahha dan gue sodorin aplikasi Uber gue "dia bilang noooo " hahaha omg gue bingung dong, langsung bilang sorry. Pas gue perhatiin, kita bertiga ketawa ngakak, keknya 3 nomor belakang itu kode kota! jadi pada banyak yang akhirnya 750 GYAHAHAHAHAH!!

Akhirnya ketemu dengan mobil yang di maksud. Aleksander ngga bisa Bahasa inggris sama sekali untungnya orangnya ramah dan mau bantu angkat barang2 ke bagasi dia. Masih muda sekitar umur 20an, sedikit chubby dan murah senyum (ntah karena kami lucu dan norak ketawa  tiwi). Selama perjalanan aku coba lagi ngobrol Bahasa inggris, dia ketawa bilang gak lancer. Tapi dia usaha dan gue nangkep dikit2. Aku bilang, kamu t au kan kami dari mana? dia jawab "DA" artinya ya. Dia hobi main game dan ada gamenya grup orang Indonesia, jadi dia tau bendera Indonesia (hahah) kita translate pake google translate terus.

Domodedovo airport to Moscow, yay!

Sampe di tujuan, setelah nurunin barang, kita bengong soal lokasi hostel. Dia Tanya pake Bahasa Rusia tapi kita ngga ngerti, tapi ternyata dia Tanya soal alamat lengkap. Daaannn sodara2 dia antarkan jaan kaki bantu Tanya sana sini angkatin tas sampe depan hostel... ruaaarrrhhhhh biasaaaahhhhh!! akhirnya kita kasih dia tips 500rubel sebab dia baek bangeeeeedddd!

Kita sampe di hostel sekitar jam 7-8 malam. Tadinya pengen liat Red Square dikala malam. Tapi yang pasti aku salah prediksi soal summer di Rusia. Aku sering ke Eropa waktu summer tapi ngga pernah liat langit masih terang kek gini sampe kisaran jam 10-11 malam (di St. Petersburg malah kita ngalamin ngga ada malam sama sekali alias white night hahah). Jadilah mikir sia2 juga ke sana ngga dapat lampu dll. Jadinya kita bobok sajalah berhubung masih sedikit jetlag dan capek.

Oh ya jangan lupa minta/ingatkan hostel untuk registrasi passport/visa kita waktu check in.

Masa registrasi adalah 72 jam. Jadi  kalau datang ke Rusia dalam kurun waktu 3 hari ngga perlu registrasi.. Tapi kalau lebih dari 3 hari, wajib registrasi. Registrasi visa biasanya di lakukan oleh pihak hotel dan hostel karena sudah kewajiban mereka untuk melaporkan seluruh tamu2nya. Kalau kita tinggal di rumah teman atau pake couch surfing, silahkan atur sendiri pelaporan visa dengan tuan rumah ke kantor Passport and Visa Service (UVIR) terdekat.

Untuk review hostel aku kasih di tulisan yang beda ya!


#russia #moscow


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Itinerary Russia-How to & tips


Buat trip ke Rusia, aku masih rubah itinerary sampe berapa hari sebelum berangkat.

Apa aja sih isi itinerary itu?

Bagi aku itinerary itu isinya informasi komplit tentang traveling kita.
Mulai dari:

  • Jadwal dan nomer flight utama
  • Akomodasi-nomor booking, alamat (dan atau sisa payment yang harus di bayar)
  • Tempat tujuan wisata-detail transportasi untuk ke sana, tempat makan yang dekat dan tiket masuk
  • Jadwal dan nomer booking pesawat/kereta/bus antar kota
  • Tips2 penting menyangkut perjalanan
Buat itinerary itu bukan pekerjaan gampang. Kita pada dasarnya buat jadwal perjalanan dengan segala informasi yang kita punya dari hasil browsing internet dan juga hal2 yang kita suka.

Faktor yang kadang seling di lewatkan sama traveler waktu nyusun itinerary:
  1. Kesanggupan fisik pribadi dan teman yang traveling bareng
  2. Tingkat kenyamanan tiap traveler
  3. Hobby atau kesukaan pribadi atau teman yang traveling
  4. Keadaan cuaca
  5. Waktu yang di butuhkan untuk berpindah antar kota
  6. Keadaan keuangan
  7. Waktu/lamanya trip

Kesanggupan fisik pribadi dan teman yang traveling bareng
Tiap orang punya kesanggupan fisik yang berbeda. Faktor umur dan tingkat atletis seseorang pengaruh buat buat itinerary. Makanya aku sarankan untuk buatlah itinerary sendiri. Aku kuat jaan kaki 5km dan bisa aku lakukan dalam rentang waktu kurang dari 1 jam. Tapi belum tentu orang lain bisa. Untuk jarak 2 km aku sanggup lari bawa tas ransel isi 3-5kg kalau butuh buat ke stasiun kereta atau bus---juga belum tentu orang lain sanggup.

Aku kuat naik tangga bawa ransel 11 kilo sampe 3-4 lantai (5-10  lantai gue nggelinding aja). Ada yang kuat begadang di airport atau stasiun, ada yang langsung enter wind alias masuk angina Dst.

Belum lagi kalau ada teman yang baru operasi, atau banyak pantangan fisiknya. Ini semua pengaruh ke itinerary.

Tingkat kenyamanan tiap traveler
Ada yang tipe cuek kek gue, mau bobok di emperan alas jaket bodo amat. Mau mixed dorm sama cowok2 bule yang pake sempak doing atau cewek2 telanjang bulat bodo amiiirr... ada yang ngga bisa. Ada yang nyaman aja tidur di kursi airport ada yang harus tidur di Kasur. Ada yang ngga masalah naik bis ekonomi ada yang ngga pernah naik angkutan umum sama sekali.
Ada yang sampe panic attack kalo nyasar, aja yang cuex kek gue nyasar itu adalah adventure.

Yupp semua ini ngaruh banget sama itinerary

Hobby atau kesukaan pribadi atau teman yang traveling
Ada yang sukanya shopping meluluuuuu, ada yang hobinya nonton bola. Ada yang sukanya tamaaaaannnn aja hahah ada yang suka physical activities kek ski atau ice skating atau sepedaan keliling kota dst

Keadaan cuaca
Wahai teman2... tau ngga sehhhh kita tuh beruntung banget tinggal di Indonesia yang cuacanya kalo ngga panas... ya hujan.. hanya itu juga opsinya. Kalopun hujan baju waktu kita panas2 bisa aja di pake terus sebab temperaturnya ngga jauh beda.

Kalau di Negara 4 musim.. kagakkk bisaaaaa!!!

Ini juga factor yang herannya sangat di gampangkann sama traveler Indonesia.

Mo pake itinerary orang yang traveling di summer waktu winter?? heuuhh Ngebayanginnya aja gue udah ngilu.

Summer itu kebanyakan negara peak season. Seluruh taman outdoor cantik2. Musim semi juga enak buat jalan di luar. Tapi kalau sudah di shoulder season baju memang harus lebih tebal dan harus siap sedia payung dan jas hujan.

Untuk winter memang kesannya cantik,  tapi dinginnyaaa... dan kebanyakan Negara, tujuan wisatanya ditutup untuk renovasi di waktu winter ini.

Untuk Russia, hmmmm aku ngga  nyaranin deh buat winter. Yang pergi bulan Mei kemarin aja masih ketemu salju segubrak I Moscow. Kalau St Petersburg jangan Tanya deh.... bulan Juli aja masih ketemu plus 12c! apalagi winter!

Keadaan keuangan
Untuk yang satu ini juga bisa buat itinerary tiap orang itu beda. Ada yang baek2 aja untuk bayar tiket masuk museum 500ribuan ada yang sukanya free stuff aja. Ada yang gimana caranya nginap semurah mungkin kalau perlu free. Semua orang itu beda2.

Waktu/lamanya trip
Ada yang 10 hari ada yang 18 hari dan ada yang 1 bulan.

Gue tipe yang paling suka traveling santai. Buat apa masukin 14 kota dalam waktu 14 hari kek di uber2 orang gila.... namanya liburan ya cuyyy jangan kek marathon laaahh hahah yang ada capeknya luar biasa dan kesannya ngga dapat.

Maunya 10 hari liburan, dan pengennya 5 Negara... uhhmmm apa ngga di perhitungkan satu hari ada 24 jam.. apa ngga butuh tidur? istirahat? antar kota aja sekian jam.. gimana antar Negara? oh pake pesawat? di perhitungkan gak waktu dari kota ke airport dan sebaliknya?


Naaahhhh berdasarkan semua pertimbangan di atas dan masih banyak pertimbangan lainnya jadilah ini itinerary yang kemaren aku buat.

Untuk akomodasi dan detail penerbangan tentunya dah di hapus hahahah silahkan isi dengan hotel pilihan sendiri dan flight sendiri. Pokoknya ini basicya lah.... bisa di tambah dan bisa di kurangin.

Untuk buat itinerary biasanyaaku pake website/aplikasi tripadvisor. Jadi di sini kita bisa liat tempat2 wisata yang sudah di rating dan di kasih comment sama traveler lain. Tinggal kita baca aja kira2 kita suka atau ngga.

Aplikasi lain yang aku pake untuk buat itinerary adalah Ulmon (untuk android). Kita bisa download offline mapnya juga. Jadi  kalau di Negara tujuan gak ada wifi atau internet masih bisakita pakai sebagai peta cadangan kalau nyasar.

Ulmon ini enaknya kita bisa liat jarak antara tempat tujuan wisata dan listnya bisa kita mark dan kita simpan loh. Jadi enak banget kalau mau buat walking tour sendiri. Di ulmon juga udah lengkap stasiun mrt dan restoran2 juga.

Untuk cari kereta atau pesawat antar kota, kalau di eropa dan sekitarnya aku masih pake aplikasi dan website rome2rio. Untuk Rusia yang pasti kepake cuma situs/website RZD. Tenang ada versi ahasa inggrisnya kok.

Untuk akomodasi---nahhhh hati2 ini juga parallel dengan pembuatan visa>>harus bisa cari hotel/hostel yang di bayar penuh di muka. Jadi aplikasi yang aku pake full semua hahah mulai dari aplikasi/web hostel.com, hostelworld.com, hotel.com, sampr pake situs rusia ostrovok. Ingat ya.... harus di bayar full... kalau mereka ngga ada opsi buat bayar full---forget about it.

Dan harus di ingat, untuk kasus trip ke Rusia.... itinerary ini kaitannya sangat erat dengan syarat pengajuan visa... why? sebab untuk mengajukan visa harus ada yang namanya visa support. Visa support ini harus jelas isinya tanggal masuk dan keluar Rusia dan kota-kota yang akan kita kunjungi beserta nama hotel yang sudah kita bayar full di muka (haaaahaaaaaa complicated kaaan).

Selamat mencoba!









  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Visa Rusia Yang Gemesin!

Ibarat pacar yang cakep tapi judes, gitulah gue ngebayangin ngurusin visa Rusia. Pengen bejek2 tapi butuh.


Tahun 2012 gue sempat belajar bahasa Rusia di PKR Jl. imambonjol Jakarta. Lumayan lah u ntuk basic sekalian baca tulis cyrillic yang ajaib itu. Namun apadaya berhubung kantor jauh dengan PKR pupus lah kursus gue sampe level 2 doang. Itupun dah bangga banget bisa baca cyrillic ibarat bisa baca puzzle yang orang gak tau artinya apa.

Waktu kursus, sering dengar gimana gampangnya dapat visa Rusia, yang penting di visa supportnya, kata orang2 jaman dulu. Gue sih yang dengar iseng2 cuma itu doang yang nempel di kepala sebab again, sama kek ke Eropa, gue gak kebayang bakalan nginjakin kaki di negara beruang merah ini.

Setelah dapet Visa USA tadinya akukhawatir bakalan pengaruh ke pengajuan visa Russia tapi ternyata ngga juga.

Tiap negara juga beda2 untuk persyaratan visanya,termasuk Russia. So far aku bakalan bilang ini visa yang paling gampang2 susah yang pernah aku dapatin.

Gue dapat informasi yang simpang siur dari grup traveling di facebook, sampe nanya2 sama guru bahasa Rusia gue (yang ikutan bingung kenapa riweh amat siiihh) akhirnya aku ke kedutaan Russia dan menanyakan sendiri secara jelas soal syarat untuk pengajuan visa Rusia.

Untuk syarat jelasnya bisa dilihat di website kedutaan besar Russia di sini secara singkat syarat utamanya;
  1. Mengisi  formulir visa secara online di website visa.kdmid.ru Note: formulir standarduntuk backpground check yang  menanyakan soal history traveling, tujuan, dan detail pekerjaan kita. Formulir di print, di tanda tangani dan satu foto di tempel di sana.
  1. Passport asli dan fotocopyannya Note: passport harus belum expired kurang dari 6 bulan
  1. 2 photo, size 3 x 4, color, white background. Note: Pada kenyataan yang di pake Cuma satu.
  1. Confirmation letter/Visa Support dari hotel atau travel agent yang authorized Note: Ini bagianpaling tricky. Harus di ingat, semua hotel yang ada dalam surat confirmation ini harus sudah fully booked alias di bayar penuh di depan, dan harus adabukti pembayaran resmi dari hotel tersebut berupa kwitansi/tanda terima/invoice. Jadi sebelum pesan visa support ini, make surehotel/hostel kamubisa provide kwitansi/invoice tadi dan bisa dikirimkan via email sebab ngga semuahotel/hostel mau menyediakan bukti bayar tadi. Selain buktipembayaran tadi dari hostel potongan kartu kredit/statement kartu kredit juga harus di lampirkan juga (inilah info yang aku dapatkan langsung). Sudah dapat semua bukti pembayaran, baru tahap berikutnya kamu bisa  pesan visa support ini. Dan juga bukti pembayaran visa support harus di lampirkan. Website yang aku pakai? https://bronevik.com/ memang sedikit lebih mahal dari website lain yang umumnya di pakai orang Indonesia. Tapi selisih Rp 50. 000,- tapi worthy dengan pelayanan dia yang cepat just in case kalau misalnya ada masalah.
  1. Ticket (airlines/train/bus) in and out of Russia; Note: Tiket di print out dan harus sudah terbayar penuh/bukan cuma confirmed tapi juga "issued". 
Intinya Cuma itu aja.

Ribetnya di mana? Jawabannya ada di syarat2 pendukung yang ngga ada di dalam website. Ini baru ada “desas-desusnya” dari bulan Maret 2017 kemarin yang di sebarkan sesame traveler dari Indonesia. Ada yang mesti tambah dokumen inilah—dokumen itulah. Malah ada ibu2 yang aku ketemu di kedutaan di minta uang tabungan Rp 100juta {katanya!) sebab isi statusnya sebagai ibu rumah tangga (berangkat bareng suaminya yang udah ada visa Rusia duluan) jadi bikin jantuung nge drop ke lantai (dramatis).

Untuk yang hobi traveling secara fluid kek gue, yang ngga mau ikut itineraries, ini kek mati gaya hahahah kita harus benar2 sesuai dengan jadwal yang kita sudah ajukan melalui visa support tadi. Dan yang bikin kepala pusing adalah nanya ke hostel yang kadang jawabannya lamaaa banget (time difference) plus ngga nyambung gara-gara kendala Bahasa.

Disinilah bedanya dengan visa Schengen atau visa USA.

Untuk visa Rusia akomodasi harus fix. Dibayar penuh di muka. Sedangkan untuk visa Schengen ngga perlu di bayar cukup lampirkan saja print out dari bookingdotcom sudah cukup. Tiket pesawat PP pun Cuma dummy tiket yang ngga ada di bayar apa2nya. Inilah bedanya dengan visa Russia.
Website/aplikasi yang aku pakai untuk menghindari bayaran DP doang/untuk pembayaran penuh:
  • Hotels.com
  • Hostelbookers.com
  • Ostrovok (website rusia)

Website lain juga bisa kek agoda, tapi fee nya kelewat gede jadi kadang harganya lebih mahal dari website lain. Ini pilihan sih. Sesuai tema, kita kan backpacker yang lebih ngutamain harga yang ekonomis.

Kalaupun mau tetap pakai booking.com perhatikan pembayarannya. Kalau misalnya Cuma bisa bayar DP aja artinya pilih hotel/hostel lain deh. Atau kalau bener2 ngebet dengan akomodasi tersebut tinggal hubungi, bisa atau ngga untuk full payment di depan, dan apakah bisa mengirimkan bukti bayar penuh via mail.

Untuk mengontak semua akomodasi ini percaya atau ngga, kita ngabisin full 2 minggu, back and forward. Syukurya website kek booking.com sama hostel.com cukup cooperative dan mereka membantu untuk menghubungi akomodasi yang kita mau tersebut.

Jadi ada bagusnya untuk mulai proses pembuatan visa ini 3 bulan dari sebelum berangkat. Horor banget kalau di buru2.

Selain dokumen di atas aku juga nyiapin dokumen pendukung lain (yang di pisah tentunya) just in case dan ngga di masukkan kedalam dokumen, tapi kalua di minta tersedia.
  1. Asuransi global/worldwide coverage dari ACA (lebih kepada faktor kebiasaan)
  2. Detailed travel itineraries kita (juga kebiasaan udah di siapin)
  3. Boookingan tiket kereta dan pesawat selama disana

Saat mengajukan, kita datang ke kedutaan jam 7.30 pagi dan dapat urutan nomor 5. Ternyata nomor antrian di gabung dengan travel agent yang sudah pada ngantri dari sebelum jam 7 pagi!

Jangan lupa be presentable lah ya… namanya juga mau apply masuk kerumah orang, jangan kek gembelita lah pake tuh mascara cetar baday sama eye liner agak naikin dikit, lipsticknya yang cerah jangan kek niatan mo jadi gembel beneran di negara orang, taylor made a man kata bokap gue dan selalu gue pegang.

Proses masuk ke dalam kedutaan ngga seribet kedutaan lain. Ada locker yang di sediakan untuk menyimpan tas dan HP di larang di bawa masuk. Nomor antrian dari luar akan di tukarkan dengan nomor antrian di dalam, siapkan KTP juga untuk di titipkan ke pak security. Untuk bapak securitynya ramah kok, sama ada satu om2 yang hobi banget bolak balik dari depan pintu masuk ke bagiian dalam. Memang keliatan serem, tapi coba senyum deh, dia senyum balik kok, ramah juga orangnya ^,^ paling gak sama gue ramah lah ya hahahaha…

Untuk yang perginya berengan cukup ambil satu nomor aja. Oh ya, pengajuan visa ini bisa di wakilkan loh. Jadi ngga perlu datang segambrengan. Duduk dan tinggal nunggu di panggil aja.

Mbak Rina, admin yang mejanya ada di pojokan setelah pemeriksaan security yang terima dokumen kita, begitu liat susunan dokumen kita, dia senyum bilang; rapi banget mbak (sumringah dong gue) hahahah “udah sering ngurus sendiri mbak” kita jawab gitu aja. Bagus deh mudah2an lancar. Dia Cuma cek di visa invitation dan seperti info yang kita dengar juga ada beberapa visa invitation yang memang di palsuin. Tapi untuk dari website kita lumayan kredibel (yukkk tariiikkk). Ingaaaa buat apa beli murah kalua depannya beribet.

Berhubung summer jadi memang rame banget. Dan menurut mbak Rina juga tahun ini (2017) terjadi kelonjakan aplikasi visa mulai dari Januari, dan puncaknya di mulai Mei—waktu summer di mulai. Again, ini saat2 ngurus visa secepatnya sebab memang rame banget. (ngga serame visa USA atau Schengen sih.. tetepp.. hahah)

Sudah dokumen di periksa, bayar sejumlah USD 70. Lebih baik siapkan uang USD sebab untuk bayar dalam rupiah kursnya kalua ngga salah di jadikan Rp 14.000/USD nya. Sudah bayar tinggal tunggu kwitansi. Passport kita bisa di ambil 20 hari kemudian.

Oh ya biaya visa sebagai berikut detailnya:

VISA PROCESSING FEES FOR INDONESIAN CITIZENS
Standard
Process 4 till 20 days
Express
Process 1 till 3 days

SINGLE ENTRY
(tourist; business; working; transit)


$70, - USD
    $ 140,- USD

DOUBLE ENTRY
(tourist; business; transit)

   $ 112,- USD
   $ 224,- USD
MULTIPLE ENTRY
(business)

  $210,- USD

  $420,- USD

Visa for student
(single entry)

 $70,-USD
   $140,-USD
For a tourist group normal processing is minimum 14 – 20 working days, express - one week.


Di kwitansi nanti di tulis tanggal pengambilan passport. Sebenarnya sih kalua kwitansi ini udah keluar ya sudah tenang ya, visa 80% artinya udah di tangan hahahha.

Ini beda lainnya di bandingkan dengan kedutaan lain. Kedutaan Rusia ngga bakalan mau terima uang pembayaran sebelum yakin dokumen yang kita submit lengkap semua. Baru mereka keluarkan kwitansi. Jadi bisa di bilang uang gak bakalan angus kek kasus apply visa di kedutaan lain.

Selama masa tunggu banyak2 doa aja mudah2an semua dokumen terferifikasi dengan baik, jadi ngga perlu mondar mandir ke kedutaan.

Udah gitu aja sih, ngga ribet asal lu tau apa yang mesti di kerjain. Jangan terlalu dengar banyak info “katanya” datangin langsung kedutaan kalua perlu. Mereka ramah kok.

Tips dari aku untuk yang mau apply visa:

  1. Buat itinerary 2 bulan sebelum berangkat dan mulailah bayar/booking akomodasi dan transportasi penuh. Selain hotel besar-hostel2 jarang ada yang lancar bahasa inggrisnya. Butuh waktu berhari2 untuk dapat balasan dari hostel.
  2. Buatlah itinerary se efisien dan se masuk akal  mungkin. Masuk akal dalam artian, pertimbangkan faktor cuaca, kondisi fisik, keuangan, sama waktu perjalanan. Traveling di saat winter ingat2 aja ya.... di Rusia winter antara -20c sampai -40c Traveling di waktunya summer antara Juni-August aja masih ketemu 9-12c. Summer mereka sih ngga lebih dari plus 25c lah kali yaaa...
  3. Cari hotel dan hostel yang bisa di bayar di muka full, alias bayar keseluruhan lunas. Kalau mereka ngga bisa, skip cari yang lain.
  4. Berhati2 dengan tawaran surat sponsor murah atau bahkan gratis. Ada beberapa perusahaan sponsor visa yang agaknya masuk ke dalam "hotlist" kedutaan Rusia di Jakarta. Biarlah bayar sedikit lebih tapi yang penting visa cepat di proses.
Good luck buat yang  mau coba!

Untuk detail trip ini yang lain (akomodasi & transport) aku posting lain waktu.
Aku juga baru mau start IG untuk trip ini di: indoflyingfox mudah2an bisa upload semua foto2 selama perjalanan di sana :)


#visarussia
#visarusia
#pengajuanvisarusia
#moscow
#St.Petersburg

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dinner di 58 Tour Eiffel Paris-Trip ala2 Ratu

Paris masih jadi salah satu tujuan wisata favorit di Eropa. Banyak hal bisa di lakukan di Paris. Tapi tetep dong yang jadi tempat tujuan utama dan yang jadi simbol kota Paris bahkan Perancis, adalah Menara Eiffel.

Aku sudah 2 kali sebelumnya ke Paris, semua dengan backpacking. Tau lah ala2 turis gembel nan kere gitu (ya eyalah jangan ngaku incess kalo masih terbang pake tiket promo ya say, malu…). Kali ini gue bakalan tulis salah satu pengalaman flashpacking/mid up yang jadi bucket list gue; Dinner alias makan malam di Menara Eiffel berapa bulan yang lalu. Kok? Errhh ya iyalah secara ke Eiffel-nya aja udah dua kali, tiga termasuk datang dinner ke sana, cari pengalaman lain lah ya. Dan ini bucket list loh, thing I have to do before I "go"!
Di Menara Eiffel ada beberapa resto, dan ada juga kafe. Kebetulan kali ini aku mau coba restoran yang namanya 58 Tour Eiffel.

Untuk dinner di 58 Tour Eiffel kita mesti book jauh hari. Booking untuk dinner di sini bias dari web travel tapi juga bisa dari website: http://www.restaurants-toureiffel.com/en/58-tour-eiffel-restaurant/dinner.html

Untuk di resto ini, ada beberapa kali jadwal dinner. Harganya beda-bedalah ya. Kalau yang sore ngupi cantik mulai di harga 42Euro. Ada juga yang mulai dari jam 6.30 dan yang terakhir jam 9 malam. Aku pilih yang jam 9 malam, haha aku udah ngebayang kalu ambil jam 6.30 pasti nanti udah di beres2 deh tuh meja padahal belum puas yaaa.

Untuk yang jam 6 dan jam 9 harganya sama, untuk satu orang 99 Euro. Kalau mau duduk di dekat jendelaharganya lebih mahal. Udah tanggung ya sudahah, aku ambil yang window seat dunk, kapan lagi lah ya.  Total untuk dinner ini 155euro, harga termasuk: Lift ticket (1st floor), Welcome glass of champagne, Appetiser, Tasting menu (4 courses), Wine* + mineral water + coffee, Selection of high-quality wines, Dessert miniatures served with coffee, Premium seats near window
Dinner di sana ada 3 tahapan; Entrée, Plat (menu utama ), Dessert.

Oh ya tempat ini punya dress code formal jadi ya ngga bisa sembarangan pakaian. Tapi berhubung juga cuaca rada dingin jadi tetep aja dress plus stoking thermal sama pakaian dalam thermal jadi andalan. Malam itu suhu 9c dan windy banget untung pake stocking thermal dan bawa syal tebal. Berhubung jaket akugak nyambung sama dress jadi lah ya korbankan hahaha pake syal doing.

Oh ya, kita juga di wajibkan datang ontime.  Pokoknya 30 menit sebelum jadwal dinner sudah ready to be seated alias sudah di foyer restoran. Kita dating 40 menit sebelum jadwal dan memang banyak banget antriannya.

Masuk ke area Eiffel malam itu pemeriksaannya se ketat pemeriksaan airport. Syal gue mesti di lepas, di xray dan di search manually juga. Tas juga di exray (padahal sekecil apa tuh tas yak). Kita di sini sudah di greet sama karyawan 58 tour Eiffel (ya eyalah keliatan mana yang mau dinner mana yang turis biasa—kibas bulu mata palsu). Dia pakai checklist dan liat bookingan kita dan langsung di arahkann ke booth tiket untuk naik ke lift. Di booth tiket again bookingan di cek dan di konfirmasi ulang, baru kita di kasih tiket untuk naik lift ke lantai 1.

Not a backpacker-cetarbaday its windy 9c

Untuk naik ke atas naik ke lift di salah satu kaki Menara Eiffel. Lumayan lama banget nunggu nih lift, mungkin sekitar 20 menit dan orangnya anri banyak banget. Again, pada rapih kinclong pake jas yang cowok dan cewek ahayy dandan cetar lah ya.
Naik ke atas gue udah amazed liat pemandangan kota dari Eiffel. Biasanya kan dari bawah atau dari tempat lain liat ke arah Eiffel. Kalo malam magical juga ternyata.

Masuk ke foyer restoran juga antri satu per satu di absen dan langsung di arahkan ke meja masing-masing. Pelayannya ingatin gue sama butlernya si Batman hahah! Dua meja dapat 1 waitress yang ready banget dengan pesanan kita.
Suasana dalam restoran 58 tour Eiffel

Duduk di meja yang sudah di siapinlangsung di kasih list menu dan daftar wine, menu di bacakan sama si waitress. Dimulai dengan welcome drinknya a glass of champagne.  Satu persatu makanan sesuai dengan manu keluar. Makanan seluruhnya western food. Kalau ngga makan pork atau babi bisa di sampaikan kok ke waitresnya di awal waktu dia nerangin soal menu.

Ukuran makanannya unyu2. Kalau untuk perut Indonesia yang biasa di isi sama nasi goreng gila jalan Sabang Jakarta ini makanan piringnya aja yang gede. Dari segi rasa untuk lidah yang biasa makan western memang ok.

Kebetulan malam ini menu pembuka aku ikan trout, judul menunya; Trout marine aux baies de Manakara, crème au citron de Menton conflit, croustillant de vitelotte (gue mangap dengarnya hahaha doski kira gue lancer kali yak Bahasa perancis, yang gue ngerti trout sama citron doang hahaha). Akhirnya menu di bacakan dalam Bahasa inggris, trout tartar marinated in manakara peppercorns, citron de menton whipped cream, purple potato chip (alias ubi talas cuyy hahah jauh2 makannya ubi ungu ini juga). Ternyata imut haha di sajikan dalam gelas.
Entrée-Trout tartar

Menu ke dua Duck foie grass, quince and white balsamic marmalade with a toasted brioche. Gue udah banyak dengar foie grass dan selalu hindari kebayang gak amisnya… tapi hmmm kali ini ngga berasa foie grass. Foie grass biasa di buat dari hari angsa atau bebek. Yang gue makan hati bebek.


Menu ke 2

Menu ke tiga, menu favorit gue, Scallops “a la planca” butternut squash and onions with champagne sauce. & Poully Fume Le Loriot.  Ingat scallop ingat Gordom Ramsey yang suka teriak2 soal cara masak scallop yang mesti perfect! ha!


Menu 3 dengan scallop

Oh ya in between menu kita pasti di tanyain loh mau nunggu sebentar atau mau langsung lanjut. Kadang ada beberapa yang stop dulu nunggu makanan turun kali ya, selingin sama ngobrol atau bahkan ngerokok di luar (not recommended-kata orang yang hobi makan, malah matiin syaraf perasa kita yang udah di "warm up" dengan pembuka). Kalau gue kebut terus sampe menu ke 3 ini stop dulu sebentar. Waitres kita nunggunya ngga jauh kok hahah ada di dekat kita buat nuangin wine atau air mineral. Jadi kalua kita ready tinggal kasih kode aja.


Menu 4-Roasted lamb!

Menu ke empat,  Red label roasted leg of lamb with a smoked ham viennoise, spinach stuffed macaroni and sautéed Chinese artichoke & Graves-Chateu Haute Graviere. Berhubung aku udah bilang ngga makan pork, hamnya di ilangin, chefnya nongol dong hahahah mau di ganti apa? Hmmm gue bilang ngga masalah asal hamnya di ilangin aja 😃 (ngamuk jedut pala kali tuh cheff-yepp they took cooking to another level)




Ahhh 4 menu akhirnya sampe ke dessert. Guanaja chocolate sphere with whipped cream and poached pear. Terlalu cantik buat di makan tapi enaaaakkk bangeedddd. Disini kita di tawarin kopi dan setelah piring di angkat di letakin dong potongan cheese sama coklat dan cookies—omg!

Selesai dinner kita bisa foto2 di Menara Eiffel yang mulai sepi. Aku kelar dan keluar dari restoran jam 11.30 termasuk orang yang paling terakhir keluar. Foto2 sebentar di luar dan udah di kasih tanda bahwa lantai itu sudah mau di tutup.
Overall kalua gue bilang ini ngga musti loh punya bucket list makan di sini, tapiiii yaaah kalo ada para suami yang mau treat istri dinner romantic apasalahnya lah ya 300-400 euro berdua. Kalau untuk para singelist—hahah jangan manyun dipojokan. Ada kok yang makan sendiri tapi dia memang beneran di pojokan loh hahahah its not common or cheap tapi apa salahnya mentreat diri sendiri, yakan??

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lets wonder wheres the wifi is weak!

"Lets wonder wheres the wifi is weak...."


Tulisan ini, aku buat sebab rada jengah ngeliat banyak pertanyaan seputar "kartu simcard lokal", sewa wifi (kekya desperate banget), sama pengalaman aku yang di stereo type soal traveller Asia yang tingkat narsisnya mengkhawatirkan. Kok ribet banget ya mau backpacking hari gini?

Alasan paling tinggi buat beli simcard local sama jadi fakir wifi;

  1. Biar bisa kontak keluarga
  2. Kontak kantor
  3. Biar bisa upload foto dan update status di Facebook, instagram, dll biar kekinian
  4. (?)

Tapi yang iya alasan nomor 3 yang paling jujur deep down inside (please dont lie to your self at least).

Reason yang pertama okelah, memang harus kasih informasi kekeluarga kalau kita udah landing safely, aman2 makan cukup, tempat tinggal ok.

Untuk yang ke 2 rasa2 ngga masuk. Aku sama kak Mari dulu juga pernah ngebahas soal ini. Dan kami sepakat kalau cuma sekedar kirim sms ke keluarga ngga masalah pakai nomor Indonesia aja toh mereka sudah tau kita traveling. Begitu juga dengan kantor--izin cuti sudah di approved, email kantor udah di kasih notifikasi "away" trus yang biayain liburan juga bukan kantor jadi kita ngga perlu lapor sama bos kegiatan tiap hari---kecuali kalo lu yang punya kantor ya ahahaha.... alias buat monitor apa aja kerja nak buah lu (punya kantor tapi ala2 backpacker kere ngapain boss?)

Sejak 2007 pertama kali backpacking keluar negri, gak kebayang berapa banyak jumlah foto yang sudah aku buat. Aku ngga punya hapeeehhh yang kek sekarang. Masih HP Sony Erricksson P1 itu dah yahuud banged. Kameranya kodak poket yang 8mp. Tiap balik ke hostel, nongrongin PC yang ada di communa room, ganti2an dengan traveler lain. Pake kabel data upload ke mana coba? dulu gue belum punya FB ahahah apalagi soscmed lain. Letakinnya di YAHOO BRIEFCASE (yang sekarang udah gak ada lagi).

For me from very beginning; "Traveling is not only about arriving, but enjoying it"

Di trip 2009 antara Singapore-KL-Thailand ada ekitar 350an foto. Maklu masih pakai kamera kodak yang memorinya di bawah 1giga (256mb udah ok). Waktu itupun hp masih sekedar untuk telepon dan sms. Sedangkan kamera masih di vga atau di bawah 3 megapiksel ngga secanggih sekarang.

2011 traveling solo ke Eropa pertama kali. Modal cuma bawa tripod kecil ukuran 30cm, sama kamera kodak yang udah lumayan uzur tadi (cuma kisaran 8 mega piksel kok), sama netbook Toshiba buat nyimpan foto2 tiap hari. Ambil foto seadanya.. lebih banyak buat nandain jalan biar kalo nyasar bisa di telusuri balik.

Tahun 2015 nge trip ke Eropa, backpacking berdua Kak Mari, Start dari Amsterdam (Sciedam, rotterdam, Den Hague)-Paris-Switzerland-Inssbruck Austria-Budapest Hungaria-Roma-Pisa-Milan. Julah foto dari HP (yupp aku nggga pernah mau ribet bawa2 gadget kebanyakan) sekitar 900an foto termasuk selfie yang acakadut atau blur.

Not to judge badly gue ngga abis pikir liat "backpacker" Asia atau traveler yang bawa dslr di leher, plus 2 HP yang ngga berenti foto2. You truly missing things out man! belum lagi bahaya copet dan jambretnya. Esensi backpacking, carry less, lu bisa gerat lebih leluasa, jalan kemana aja tanpa kerepotan bawa tuh barang, ketakutan di copet, naik turun bus, tram, kereta tanpa takut tuh barang2 kececeran.

“He who would travel happily must travel light.” – Antoine de St. Exupery

Gue udah liat di banyak tempat ketika mereka sibuk dengan semua gadget ini mereka miss essence di duatu tempat. Duduk, diam, nikmati... contoh di Eiffel tower... jangan cuma di liat Eiffelnya, suasananya, how the air feels, gimana dinginnya suhu 12c mana gerimis, langit abu2... tapi kalau gue tutup mata gue sekarang gue bakalan ingat semua.

Take your time, sit in silence. Gunakan semua panca indera---itu yang gue sebut "memory".

Iya ini tergantung dengan travel style. Untuk gue sayang banget kalo di sibukkan dengan seua gadget tapi ngga bisa nyerap suasana di sana.

Memang sih semua pada bilang, sayang kalau ngga ada foto2 di sana... iya.. gue juga hobi di foto, siapa yang ngga. Tapi somehow deep inside kalau kamu percaya, kamu pasti bakalan balik lagi kesana, you got to believe it!

Ngga masalah mau foto, cuma kala per berapa menit udah foto aja alias excessively, you got to ask why you travel, what for?

Naaahhh lepas dari masalah foto2 ini berlanjut ke masalah telekomunikasi.

2007, ke South East Asia aku ngga pernah beli simcard lokal. Waktu itu bawa kartu Indosat sama Telkomsel dengan roaming DIMATIKAN. Yupp.. tuh HP cuma case emergency aja. Ingat HP jaman dulu cuma buat sms dan telepon aja.

Setiap hari aku kirim satu sms ke adek, just so she knows im ok.

Keluar dari hostel, pakai peta yang masih kertas, telusuri Singapore sendiri. Takut nyasar? ya namanya traveling pasti nyasar. Ngga ada namannya traveling ngga nyasar. Mau di Singapore atau bahkan di Jakarta sendiri... masa belum pernah nyasar di Jakarta?? hahaha... sampe sekarang pun kalo aku di turunin di Jakarta Barat bingung dah gue dimana.

Banyak tempat2 yang aku notice sampai hari ini ngga gitu di eksplor sama backpacker yang datang ke Singapore. Pernah dengar Betel Box? sudah pernah ke water reservoir Singapore? udah pernah jalan ke Jurong? bukan bird park nya aja...beneran wanderless jalan2 aja. Chinatown udah kemana aja? tau ngga d sana ada toko dessert enaaakkk banget. Little Inda udah ke tiap lorongnya? tau daerah Geylang? yang dibilang red distric itu... tau ngga ada majid gede di sana? makanan Malaysia/halal paling banyak di sana loh... tau ngga dari hotel Fulerton itu undergroundnya ada passage ke Merlion? lumayan masuk dan gak panas2an langsung tembus ke Merlion.

Put down your phone... see around you, you will see more!!

Aku ngga nyangkal sering jadi "fakir wifi" apalgi waktu trip Eropa 2015 kemaren. Tapi nngga bikin sampe kek mana gitu ya.... kalo ketemu ya syukur, ngga ya sudah. Kita sepakat toh di masing2 host airbnb kita punya wifi (kita tanya dulu dong sebelum datng). Jadi kalau mau update status atau mo upload foto ya tunggu sampe di penginapan. Kalaupun ada kita dapat wifi biasanya kalo numpang pipis di restoran kek McD **fakir banget** atau tiba2 nemu free wifi di taman (girangnya naujubilah dan batre langsung drop gara2 semua notifikasi masuk sekaligus!) namanya juga backpacker ya pelita hati sama duit ahahah.

Aku traveling buat diri sendiri... susah loh ngumpulin duit, planning traveling berminggu2 bahkan berbulan2, tapi yang di pandang nanti cuma screen hp sepanjang jalan... jadi ya aku ngga ngerasa ada kewajiban buat posting foto tiap 1 menit dan update status tiap 2 menit. Just think about it.

Wifi pun wakttu ke Eropa lebih kepada peta, nge download offline map, google soal interesting place selain yang sudah kita jadwalkan. Untuk peta kita ngandalin Ulmon sama google offline yang bisa nyala tanpa paket data cuma ngandelin GPS dari HP.

You could do it... lepaskan diri dari ketergantungan HP foto2 sewajarnya aja (bukan selfi pose 30 kali di tempat yang sama). Enjoy your trip! its kind of sad loh... apalagi kalau yang backpacking nya ber dua dan sama2 mukanya di HP melulu. Ini yang di celetuk sama temen2 aku yang dari Eropa.

Aku pernah makan di restoran di Jerman, jadi temen aku nunjuk ke meja lain, ada keluarga asia 6 orang. Food on the table, its dinner. Tapi satupun ngga ada yang ngobrol semuanya pada fokus sama gadget masing2 termasuk orang tuanya dan keseluruh anaknya termasuk  toddler. Makan pun di suap ngga liat piring tapi fokus ke monitor. Temen aku nyeletuk "typical asian" dan menurut dia itu ngga sopan sama sekali di Eropa kalau di keluarga makan tapi pegang hp sepanjang makan. Gue cuma bisa nyengir doang. Mo jawab apa? memang rata2 sepanjang perjalan itulah yang gue liat.

So, tulisan ini sekedar uneg2----kemungkinan besar ada yang kurang sependapat, but hey... aku cuma mau kalian enjoy dengan trip kalian without missing things...

Rekor terlama kita tanpa beli2 simcard atau wifi adalah 3 minggu! kira2 kalau traveler sekarang ada yang bisa lebih dari itu ngga yaaa?? ada yang bisa lebih dari 1 bulan mungkin?

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Backpacker Girls
Add blog to our blog directory.