RSS

Pindahan Tulisan Bahasa Indonesia

Dear pembaca, untuk kedepannya tulisan dalam bahasa Indonesia di blog ini bakalan aku pindahkan ke blog aku yang lain "Nona Backpacker" biar gak bingung bacanya.. thanks!


Contoh Personal Packing list-Eropa

Dari kecil bias di bilang aku beruntung punya keluarga yang hobinya adventure. Selain adventure juga termasuk impulsive----pagi masih nonton film kartun jam 3 siang kita tiba2 inisiatif berangkat ke Padang/Sumaera Barat pake mobil. Jadilah sekeluarga ibarat film home alone yang ambil barang2 tumpukin di ruang tengah sementara nyokap sibuk masukin makanan, dan bokap masukin barang ke mobil, kita packing barang di ruang tengah dalam segala kehebohan dan drama.

Sudah besar akhirnya kuliah di luar kota juga biasa traveling antar provinsi pake jasa travel yang cuma boleh bawa satu tas. Dan btw, ngga kayak di jawa yang bisa berhenti di banyak tempat, lintas Sumatra sampai saat ini sepanjangan hutan ngga ada took mau beli minyak kayu putih atau sekedar pipis (yang Sumatra atau pulau selain Jawa dan Bali tau lah hahaha).

Dari pengalaman itu aku jadi biasa packing barang detail dan tergantung dengan beberapa hal (makanya di sebut personal packing list). Packing list itu apa lagi  backpacker penting banget karena harus hemat space dan berat. Packing menurut gue harus memperhatikan:

  1. Jenis kelamin; cewek dan cowok beda bawaannya ya.... seharusnya cowok lebih bisa bawa barang lebih sedikit dari cewek (secara kalian gak perlu pembalut, beha ataupun makeup ya cyiiinn)
  2. Tempat Tujuan---ini ada kaitan dengan itinerary. Ada beberapa tempat tujuan punya dress code tertentu. Kalau mau pergi ke tempat yang konservatif ya bawalah pakaian yang lebih tertutup. Kalau ada jadwal renang, atau spa ya bawalah baju renang. Kalau mau ada acara dinner ya bawalah dress, dst Kalau mau camping jangan lupa camping gearnya
  3. Cuaca; bawaan winter yang pasti lebih banyak dari bawaan summer. Secara summer pake bajutipis2 ya ngga masalah ataupun celana pendek. Kalau winter beuuhhh... sudah tebal2 mana mesti beberapa lapis kan ya
  4. Tempat tinggal/akomodasi;kenapa termasuk perhitungan? kalau gue bakalan tinggal di hotel gue gak bakalan bawa sabun mandi sendiri atau handuk. Gue juga bakalan cek kalau hotel/hostel sedia hairdryer. Dan fyi kenapa gue ngotot bawa hairdryer? rambut basah waktu winter itu big no... bisa enter wind bro!!
  5. Durasi traveling; nahhh ini ngarus juga loh... apalagi di tempat yang kita tuju susah mesin cuci koin atau hostel ngga ada free mesin cuci jadi mesti bawa lebih banyak pakaian atau paling ngga extra kaos kaki.
Masih bayak factor lain sih... cuma bagi aku 5 ini cukup penting untuk diingat tiap kali nyusun packing list.

Tiap orang hasil packingnya pasti berbeda, sebab tergantung dari gaya travelingnya juga. Ada yang hobi traveling dan buat foto cetar baday... ini butuh banyakpakaian. Tapi ada juga yang backpacker biasa yang memang pindah dari kota ke kota  lain yang butuh traveling light jadi pulang2 ke Indonesia ngga berotot kek kuli pelabuhan bawa koper 30 kilo sana sini.

Tips packing?? dua bulan sebelum berangkat mulai kumpulin bawaan. Tiap 2 minggu review dan KURANGI bawaan tersebut. Teruuusss sampe mau hari H. Bedakan antara "NEED" dan "WANT" kalau memang need alias butuh ya di bawa... kalau sekedar want alias ahhh mau pake ini ituh yaaa di pertimbangkan sajah.

Kalau sudah sistem eliminasi kek gini biasanya kita jadi ngga terlalu kebanyakan bawa barang dan pulangnya nanti ada space buat oleh2 atau ada barang2 baru yang kita beli.

Untuk makanan---please deh, kalau udah mau pulang tinggalin aja buat housekeeping hotel atau orang di hostel--letakin di common room atautinggalin buat host kamu... atau kalo mo lebih baik lagi?? hubungi FPI alias forum pelajar Indonesia setempat mereka dengan sangat senang hati mau kok nampung bumbu2 masak atau indomie yang masih ada. Beramal lah untuk mbak2 dan mas2 yang lagi nuntut ilmu di Negara orang ini(sambal berdoa mudah2an kalo anak cucu kita kesampean kuliah kek mereka juga di permudah-AMINNN)

Ini contoh packing list aku untuk trip ke Eropa waktu itu Spring jadi lumayan sembriwing dan cuacanya sering hujan (rajin2 cek di accuweather atau internet sebelum berangkat). Lama perjalanan 18 hari dan kebanyakan di airbnb sama hostel. Jadi ada beberapa yang punya mesin cuci dan kebantu dengan nyuci per 3-4 hari.

Packing list ini bisa di pakai untuk ke Negara lain, sesuaikan aja dengan cuaca lah ya.

Oh ya, aku tipe yang paling gak suka dengan celana dalam kertas yang sekali pake--ngga nyamaaaannn... sekali lagi... orang beda2. Jadi ya ini sekedar ide, jadi sekali lagi silahkan di sesuaikan dengan yang 5 tadi.

Have fun!


Packing list Eropa 18 hari



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Backpacker Girls
Add blog to our blog directory.